Sunday 26 January 2020


 Assalamu'alaikum wr.wb

Tiada kata yang pantas untuk diucapkan kecuali memanjatkan puji dan syukur kehadirat Alloh SWT yang telah melimpahkan segala rahmat, taufik dan hidayah-NYA kepada kita. Sehingga  kita masih dapat menikmati anugerah terindah berupa kesehatan serta oksigen yang kita  hirup tanpa harus membayar sepeser pun.
Solawat beserta salam semoga tercurah limpahkan pada junjunan kita yakni Nabi Besar Muhammad SAW yang telah menunjukan kita dari jalan gelap gulita menuju jalan yang terang benderang, dari alam kebodohan sampai alam yang berilmu pengetahuan. Dari alam sembah latta dan uzza hingga sampai ke alam sembah Alloh azza wazallah. Kepada keluarga serta sahabat dan kita selaku umatnya semoga mendapatkan syafaatnya di yaumil qiyamah . aamiin ya robbal’alamiin.
 Dewan juri yang saya hormati, teman-teman yang saya cintai.
Pada kesempatan kali ini saya akan menyampaikan pidato dengan tema  “mensyukuri Nikmat Alloh”

Teman-teman siapa yang tahu arti-arti syukur???
Sykukur adalah berterima kasih dan memuji kepada pemberi nikmat yaitu Alloh SWT baik langsung maupun tidak langsung.

Hadirn yang berbahagia
Perlengkapan rasa syukur meliputi 3 hal:
1.      Mengakui dan meyakini nikmat dalam batin
2.      Membicarakan dalam lisan
Artinya kita senantiasa mengingat dan menyebut kemurahan dan kenikmatan Alloh yang telah memberikan kepad kita. Sebagaimana firman Alloh dalam Ad0dhuha ayat 11:


 



Artinya: “ dan terhadap nikmat tuhanmu, maka hendaklah kamu menyebut-nyebutkannya.
Teman-teman mau tahu yang terakhir??
Cara bersyukur yang ketiga adalah menjadiklan nikmat dan karunia Alloh sebagai sarana taat kepada Alloh.

Hadirin rohimakumulloh
Kalau kita lihat dan perhatikan disekitar kita betapa banyak nikmat Alloh yang telah diberikan kepada hamba-hambanya. Mulai dari nikmat hidup, sarana dan prasarana penunjangnya. Sampai nikmat yang terbesar yaitu nikmat iman dan islam dan kalaulah hitung nikmat Alloh niscaya kita takkan mampu menghitungnya. Alloh berfirman dalam Al-Qur’an surat an-nahl ayat 18:


Artinya” dan jikalau kamu hitung-hitung nikmat Alloh, niscaya kamu takkan dapat menghitungnya.”
Hadirin yang berbahagia
Oleh karena itu sepantasnya kita sebagai hamba Alloh yang begitu banyak mendapatkan fasilitas nikmat itu untuk pandai bersyyukur.
Bahkan rosululloh pun tak henti-hentinya untuk selalu berdo’a dan berusaha untuk menjadi hamba yang bersyukur.
Alloh menjanjikan akan menambah dengan tambahan yang berlipat ganda bagi hambanya yang bersyukur dan sebaliknya Alloh akan memberikan azab yang pedih bagi hamba-hamba-Nya yang mengingkari nikmat Alloh SWT
Firman Alloh dalam Al-qur’an surat Ibrahim ayat 7:


 


Artinya:” Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat pedih.”

Hadirin yang dirahamti Alloh
Dari uraian saya tadi dapat kita simpulkan mensyukuri nikmat yang telah Alloh berikan adalah salah satu bentuk tanda berterima kasih kita pada sang pencipta.
Semoga kita dijadikan hamba yang pandai bersyukur atas nikmat dan karunia Alloh SWT....Aamiin

0 komentar:

Post a Comment