Sunday 15 February 2015



Prihatin dengan semakin sirnanya kesenian tradisional, maka SDN 2 Margacinta pada tahun lalu tepatnya pada tahun Pelajaran 2013/2014 memasukan Seni tari Tradisional Kedalam Ekstrakulikuler. Pihak sekolah berharap bahwa dengan adanya Ekstrakulikuler ini perkembangan tari tradisional akan kembali  memuncak dan kembali berjaya.
awalnya pihak sekolah mendatangkan pelatih dari luar sekollah, yakni “HADLI” dari Pangandaran. Pada pelaksanaannya Ekstrakulikuler tari ini dilaksanakan pada setiap hari Sabtu Sore. Pada saat itu setiap siswa dibebankan biaya latihan sebesar Rp. 125.000,00 dengan catatan siswa dilatih samai mahir.
Terbukti kurang dari 1 bulan para siswa mampu menaarikan beberapa tari Tradisional Seperti Tari jaipong dan tari Merak.
Masyarakat merespon positif dengan diadakannya Ekstrakulikuler Tari tradisional Ini. Terbukti para siswa yang mengikuti Ekstra ini mendapat panggilan dibeberapa Hajatan. Para siswa ini diundang guna meramaikan hajatan tersebut sekaligus memberikan pelajaran tentang bagaimana tampil didepan halayak ramai.
Hingga puncaknya, salah satu siswa SDN 2 margacinta mampu menjadi perwakilan untuk Kecamatan cijulang guna mengikuti Lomba Seni tari Tradisional di Tingkat Kabupaten. Yakni Diana Hermayanti (Kelas IV).
Maka dari itu dengan penuh semangat, SDN 2 Margacinta meneruskan keberlangsungan Ekstrakulikuler ini. Namun berbeda dengan tahun sebelumnya, sekarang pihak sekolah tidak mendatangkan pelatih dari luar, teteapi memberdayakan Guru yang sudah mampu dalam bidang Seni Tari yaitu Ibu Ati Sumiati, S.Pd.I









 

0 komentar:

Post a Comment