Sunday 15 February 2015



Telah kita  ketahui bahwa Belajar adalah berusaha memperoleh kepadaian atau ilmu, brubah tingkah laku atau tanggapan yang disebabkan oleh pengalaman. Jadi seseorang dianggap belajar apabila dia dapat menunjukan perubahan perilakunya. Perubahan akibt belajar dapat terjadi dalam berbagai bentuk perilaku, dari ranah Kognitif, Afektif dan Psikomotor (id.wikipedia.org/wiki/Belajar).
Maka daripada itu pembelajaran yang efektif sangat dibutuhkan.  Banyak cara agar pembelajaran bisa efektif . mulai dari menciptakan suasana belajar yang nyaman, menarik dan aktif sampai dengan menggunakan berbagai macam media pembelajaran seperti alat peraga pembelajaran.
Alat peraga itu sendiri merupakan salah satu alat komponen belajar yang mengubah materi ajar menjadi kongkrit dan realistic. Penyediaan alat peraga merupakan bagian dari pemenuhan kebutuhan  siswa belajar, sesuai dengan tipe siswa belajar. Pembelajaran menggunakan alat peraga berarti mengoptimalkan fungsi seluruh panca indera siswa. ( gurupembaharu.com>Home>PEMBELAJARAN )
Maka dari itu penggunaan alat peraga ini sangat menunjang keberhasilan proses pembelajaran disekolah. Tidak terkecuali pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Pendidikan Agama ini sangat penting, sebab setiap tingkah laku kita harus sesuai dengan aturan agama. Sehingga alat peraga sangat berperan penting dalam proses pembelajaran . karena dengan pembelajaran Agama yang baik maka akan baik pula kehidupan seseorang. pendidikan agama itu harus diterapkan sejak dini, karena apabila masih kecil sudah mengenal pendidikan Agama, maka apabila dia sudah besar maka akan menjadi orang yang beragama.
Dibawah ini beberapa fotret penggunaan alat peraga dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 2 Margacinta:














0 komentar:

Post a Comment