|
Nama Guru |
: Andi Sukmayadi, S.Pd |
||||||||||
Nama Kepsek |
: Ati Sumiati, S.Pd.I |
Hari |
: Jum’at |
||||||||
Periode |
: Januari – Juni |
Tanggal |
: 15 Maret 2024 |
||||||||
Tempat |
: SDN 2 Margacinta |
Waktu |
: 09.00 |
||||||||
Tujuan |
: |
1. Guru dan Kepala Sekolah menyepakati target perilaku yang akan diobservasi dan upaya belajar untuk menampilkan perilaku itu secara efektif. 2. Guru dan Kepala Sekolah menyepakati jadwal observasi kinerja beserta kelengkapan yang dibutuhkan dalam melakukan observasi kinerja Guru |
|||||||||
|
|||||||||||
Rencana Hasil Kerja |
Fokus Perilaku |
Upaya Mempelajari |
Rencana Observasi Kinerja |
Catatan Lain |
|||||||
Pelajaran / Kelas |
Hari / Tanggal |
Waktu |
Perangkat Ajar |
||||||||
Penerapan Disiplin Positif |
Guru melakukan refleksi dinamika kelas untuk menerapkan kesepakatan kelas |
|
|
|
|
|
|
||||
|
Guru melakukan penguatan positif terhadap perilaku yang sesuai atau mendukung kesepakatan kelas |
|
|||||||||
|
|
|
|||||||||
|
LEMBAR PELAKSANAAN OBSERVASI KINERJA GURU
Nama Guru |
: Andi Sukmayadi, S.Pd |
||||||||
Nama Kepsek |
: Ati Sumiati, S.Pd.I |
Hari |
: Sabtu |
||||||
Periode |
: Januari – Juni |
Tanggal |
: 16 Maret 2024 |
||||||
Tempat |
: SDN 2 Margacinta |
Waktu |
: 08.00 |
||||||
Tujuan |
: |
1. Guru menggunakan rubrik observasi kelas sebagai tujuan dalam mempelajari perilaku yang akan ditampilkan pada observasi kinerja 2. Kepala Sekolah mencatat bukti perilaku dan penilaian efektivitas perilaku yang ditampilkan Guru selama observasi kinerja beserta rekomendasi tindak lanjutnya |
|||||||
|
|||||||||
Rencana Hasil Kerja |
: |
|
|||||||
Fokus Perilaku |
Perilaku yang dianjurkan |
Perilaku yang dihindari |
Penilaian Observasi Kinerja |
Catatan |
|||||
Belum dilakukan |
Dilakukan tapi belum efektif |
Dilakukan dan efektif |
|||||||
Guru melakukan refleksi dinamika kelas untuk menerapkan kesepakatan kelas |
· Guru mengajak peserta didik melakukan refleksi dinamika kelas mengacu kesepakatan kelas · Guru menunjukkan kesediaan mendengarkan pandangan peserta didik tentang dinamika kelas · Guru bersikap adaptif sehingga bersedia mengubah kesepakatan kelas bila diperlukan |
|
|
|
|
|
|||
Guru melakukan penguatan positif terhadap perilaku yang sesuai atau mendukung kesepakatan kelas |
· Guru memberi pujian terhadap perilaku peserta didik yang sesuai kesepakatan kelas · Guru memberi penguatan positif dengan beragam cara · Guru mengakui suatu perilaku positif secara spesifik dan menjelaskan alasannya |
|
|
|
|
|
|||
Rekomendasi :
|
|||||||||
|
LEMBAR TINDAK LANJUT OBSERVASI KINERJA GURU
Nama Guru |
: Andi Sukmayadi, S.Pd |
|||||||||||
Nama Kepsek |
: Ati Sumiati, S.Pd.I |
Hari |
: Sabtu |
|||||||||
Periode |
: Januari – Juni |
Tanggal |
: 16 Maret 2024 |
|||||||||
Tempat |
: SDN 2 Margacinta |
Waktu |
: 11.00 |
|||||||||
Tujuan |
: |
1. Guru melakukan refleksi sebagai tanggapan terhadap catatan dan hasil penilaian observasi kinerja oleh Kepala Sekolah (Form.B) 2. Guru dan Kepala Sekolah menyepakati tindak lanjut serta dukungan yang dibutuhkan untuk melakukan peningkatan praktik pembelajaran |
||||||||||
|
||||||||||||
Refleksi Guru |
Kategori |
Tujuan Tindak Lanjut |
Upaya Tindak Lanjut |
Kapan |
Kebutuhan Dukungan (Apa/Siapa?) |
|||||||
|
Pilihan Belajar di PMM |
|
|
|
|
|||||||
|
Pilihan Lain |
|
|
|
|
|||||||
Catatan Kepala Sekolah :
|
||||||||||||
Pertanyaan |
Respon |
Catatan |
||||||||||
Bagaimana upaya guru melakukan refleksi untuk menyadari kesulitannya dalam peningkatan pembelajaran?
|
Tidak Sadar Kesulitan |
Sadar Kesulitan |
Sadar Dampak Kesulitan |
|||||||||
|
|
|
|
|||||||||
|
LEMBAR REFLEKSI TINDAK LANJUT OBSERVASI KINERJA GURU
Nama Guru |
: Andi Sukmayadi, S.Pd |
||||||||||||
Nama Kepsek |
: Ati Sumiati, S.Pd.I |
Hari |
: Sabtu |
||||||||||
Periode |
: Januari – Juni |
Tanggal |
: 16 Maret 2023 |
||||||||||
Tempat |
: SDN 2 Margacinta |
Waktu |
: 11.30 |
||||||||||
|
|||||||||||||
Kategori (Form C) |
Tujuan Tindak Lanjut (Form C) |
Upaya Tindak Lanjut (Form C) |
Kapan ( Form C) |
Kebutuhan Dukungan ( Form C) |
Refleksi Tindak Lanjut |
||||||||
Capaian |
Tantangan |
Upaya Peningkatan |
|||||||||||
Pengembangan Kompetensi |
|
|
|
|
|
|
|||||||
|
|
|
|
|
|||||||||
|
|
|
|
|
|||||||||
Peningkatan Kinerja |
|
|
|
|
|
|
|||||||
|
|
|
|
|
|||||||||
|
|
|
|
|
|||||||||
Catatan Kepala Sekolah :
|
|||||||||||||
Pertanyaan |
Respon |
Catatan |
|||||||||||
Bagaimana upaya guru melakukan refleksi untuk menyadari kesulitannya dalam peningkatan pembelajaran?
|
Tidak Sadar Kesulitan |
Sadar Kesulitan |
Sadar Dampak Kesulitan |
||||||||||
|
|
|
|
||||||||||
DOWNLOAD FILE [ KLIK DISINI! ]
0 komentar:
Post a Comment