Sunday 26 January 2020


Assalamu'alaikum wr.wb
 
Puji dan syukur marilah kita panjatkan kehadirat lloh yang Maha Ghafur. Atas rahmat dan hidayahnya pada kesempatan ini kita dapat berkumpul, bermuwajjahah dan bersilaturahmi
Shalawat serta salam semoga selamanya tercurah limpahkan kepada baginda tercinta, yakni Habbana Wanabiyyana Muhammad SAW, kepada keluarga, sahabatnya serta tabiin dan semoga kita sebagai umatnya kelak mendapat syafaat di yaumil qiyamah.

Dewan juri yang saya hormati
Teman-teman yang saya cintai
Pada kesempatan kali ini saya akan menyampaikan pidato dengan tema adab kepada kedua orang tua.
Dewan juri  yang saya hormati.
Setiap manusia harus menyadari bahwa keberadaanya didunia ini karena danya orangtua.
Tidak dapat kita pungkiri bahwa orangtua kita telah berusaha sekuat tenaga dan mencurahkan segala daya upaya untuk memelihara dan mendidik putra-putrinya agar kelak menjadi manusia yang berguna bagi nusa bangsa dan agama.

Hadirin rohimakumulloh

Cobalah kita bayangkan bagaimana perjuanngan orangtua dalam melaksnaakan tanggung jawabnya Ibu yang telah mengandung selama 9 bulan, melahirkan dengan susah payah, menyusui selama 2 tahun, mengasuh, merawat dan membesarkan sebagaimana Firman Alloh dalam Al-qur’an Surat Luqman ayat 14:

Artinya:
Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapaknya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu”

Demikian juga ayah yang bekerja membanting tulang di berbagai lapangan kehidupan tanpa mengenal lelah demi menafkahi keluarganya.

Hadirin yang berbahagia
Oleh karena itu Islam mewajibkan kepada kita untuk berbuat baik kepada orang tua, sebagaimana Firman Alloh dalam surat Al-Isra ayat 23:

Artinya:
Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya.”

Teman-teman!
Mau tahu tidak, adab kepada orangtua?
Diantara adab atau berbuat baik kepada orang tua adalah kita berusaha untuk menyenangkan hati ibu dan ayah dan menjauhi segala perbuatan yang tidak mereka sukai. Janganlah sekali-kali katakan kepada keduanya “AH” dan janganlah membentaknya. Namun rendahkanlah diri kita dihadapan keduanya dengan penuh kasih sayang kemudia selalu mendo’akan agar rahmat dan kasih sayang Alloh senantiasa tercurah kepada keduanya.


“ Ya Alloh, Ampunillah dosaku dan dosa kedua orangtuaku dan sayangilah mereka sebagaimana mereka mendidikku diwaktu kecil”

Hadirin Rohimakumulloh
·        Apabila dalam perjalanan hidup kita pernah menyakiti perasaan kedua orangtua kita maka cepatlah kita minta maaf kepada kedua orang tua dan mohonlah selalu do’a dan keridhoan agar kita selamat disunia dan akhirat
·        Karena  ridho Alloh itu terletak pada ridho kedua orangtua dan murka Alloh terletak pada murkanya orangtua.
Sebagaimana Sabda Rosululloh SAW



Dewan juri yang saya hormati
Kesimpulan dari uraian saya, marilah  kita berbuat baik kepada orang tua sebagaimana yang telah dianjurkan oleh Alloh dalam Al-qur’an dan oleh Rosululloh dalam sabdanya.
Kalau ada sumur diladang
Boleh kita menumpang mandi
Kalau ada umur yang panjang
Boleh kita bertemua lagi

Sekian uraian dari saya

0 komentar:

Post a Comment