Monday 18 March 2024

  


KEGIATAN PENUMBUHAN BUDI PEKERTI    

JENJANG SEKOLAH DASAR

TAHUN 2024 M/ 1445 H

 

I. PENDAHULUAN

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah, semua amal ibadah dilipatgandakan. Bulan Ramadhan seharusnya dijadikan momentum untuk meningkatkan ibadah, dan meningkatkan wawasan keagamaan. Sebagai insan pendidikan pada bulan ini kami merasa termotivasi untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas ibadah, baik ibadah mahdah maupun ghair mahdah.

Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar baik pada kurikulum 2013 maupun pada Kurikulum Merdeka perlu diperkaya dengan materi      keagamaan agar peserta didik mantap secara spiritual, berakhlak mulia dan memiliki pemahaman akan dasar-dasar agama Islam serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, bulan Ramadhan ini merupakan saat yang tepat untuk menyampaikan materi Pendidikan Agama Islam yang belum ter-elaborasi pada jam tatap muka. Sesuai dengan fungsi sekolah yaitu sebagai lembaga pendidikan yang berperan melayani aspirasi masyarakat di bidang pendidikan, sikap. Dalam agama Islam lebih tepat dikenal dengan akhlak. Pembinaan akhlak sangat penting karena akhlak mencerninkan kepribadian suatu bangsa. Bahkan Nabi Muhammad SAW pun diutus ke dunia ini untuk menyempurnakan akhlak. Untuk membina akhlak mulia diperlukan kerja sama yang sinergis dari semua pihak yaitu sekolah, orang tua dan masyarakat. Atas dasar inilah disusun program kegiatan penumbuhan budi pekerti yang dapat menjadi panduan bagi satuan Pendidikan dalam melaksanakan kegiatan di bulan Ramadhan.

Secara garis besar kegiatan ini terbagi menjadi 2 bagian, yaitu: kegiatan Pembiasaan di sekolah selama Ramadhan dan kegiatan literasi selama Ramadhan.

 

II.   TUJUAN

Tujuan dari Kegiatan Penumbuhan Budi Pekerti  2024 ini  adalah:

1. Meningkatkan pemahaman, penghayatan dan mengamalan peserta didik tentang ajaran Islam sehiangga menjadi insan yang beriman dan bertaqwa kepada Allah dan menampilkan akhlak yang baik dalam kehidupan nyata;

2. Menenamkan kebiasaan peserta didik dalam beramal, berdoa dan bertutur kata secara santun;

3. Melatih peserta didik melaksanakan ibadah, baik ibadah wajib maupun sunah;

4.  Menanamkan kecintaan pada al-Quran.

 

III. TEKNIS PELAKSANAAN KEGIATAN

Secara garis besar kegiatan ini terbagi menjadi dua bagian, yaitu:

1. Pembiasaan di sekolah selama Ramadhan, berupa Shalat Dhuha, tadarus sebelum Kegiatan Belajar-Mengajar dan pemberian materi penumbuhan budi pekerti sebelum Shalat Dzuhur berjamaah

2. Kegiatan literasi selama Ramadhan, berupa penugasan untuk mengisi  Buku Amaliyah Ramadhan

3.  Secara teknis pelaksanaan kegiatan ini diserahkan kepada Satuan Pendidikan masing- masing, namun dalam hal ini kami memberikan gambaran yang dapat dijadikan acuan sebagai berikut:

a)  Peserta

   Peserta kegiatan ini terdiri dari peserta didik kelas 1 sampai dengan 6 yang dibagi ke dalam dua kelompok yaitu kelompok kelas bawah yaitu kelas 1,2 dan 3 dan kelompok kelas atas yaitu kelas 4, 5, dan 6.

b)  Pemateri

Pemateri pada kegiatan Penumbuhan budi pekerti, Selain Guru PAI juga melibatkan  Guru bidang PJOK dan Guru Kelas di SDN 2 Margacinta   dan Kepala Sekolah sebagai pengawas kegiatan.

c)   Waktu Pelaksanaan : 14 Maretl – 2 April 2024

 

d)  Guru Pengampu

 

 

Guru Pengampu

Keterangan

1

Yayah Haryati, S.Pd.I

  Guru PAI

2

  Narli, S.Pd.,M.Pd

  Guru PJOK

3

  Hahan Suhanah, S.Pd.SD

  Guru Kelas 6

4

  Andi Sukmayadi, S.Pd

  Guru Kelas 5

5

  Eti Rositi, S.Pd

  Guru Kelas 4

6

  Asep Ferdiansyah Arif, S.Pd.I

  Guru Kelas 3

7

  Rista Nuryanti

  Guru Kelas 2

8

  Atik Alpiani

  Guru kelas 1

 

e)   Materi

a.      Fiqih

b.     Tarikh/Sejarah Islam

c.      Akidah Akhlak

d.     Moderasi Beragama

e.      Cinta tanah air

f.      Sholat Duha

g.     Tadarus Al Qur’an

h.     Sholat dzuhur berjamaah

 

f)    Perlengkapan yang dibawa

a.      Alquran / iqra

b.     Perlengkapan shalat

c.      Alat tulis

d.     Buku Krgiatan Ramadhan

 


JADWAL KEGIATAN

PENUMBUHAN BUDI PEKERTI

 

 

DOWNLOAD FILE [ KLIK DISINI! ]




0 komentar:

Post a Comment