LAPORAN
KEGIATAN
BULAN
RAMADHAN 1446 HIJRIAH
JENJANG SEKOLAH DASAR
SD NEGERI 4 CIJULANG
KECAMATAN
CIJULANG
KABUPATEN
PANGANDARAN
TAHUN
2025
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur kami
panjatkan ke hadirat Allah SWT atas limpahan rahmat dan hidayah Nya,
SDN 4 Cijulang telah dapat menyusun Laporan Kegiatan Bulan Ramadhan .
Penyusunan Laporan ini merupakan salah satu upaya mengimplementasikan Surat
Edaran Bupati Kabupaten Pangandaran dan Agenda Pemerintah dalam peningkatan
Iman dan Taqwa siswa selama bulan Ramadhan yang telah dilaksanakan dengan
lancar. Kegiatan dalam bulan Ramadhan dimaksud agar terlaksananya beberapa
kegiatan keagamaan dan pembelajaran yang telah disusun oleh sekolah sesuai
dengan jadwal.
Laporan ini disusun
dengan mengacu pada beberapa macam kegiatan dan jadwal yang telah disusun
sedemikian rupa dengan mempertimbangkan kondisi dan situasi serta kebutuhan
siswa. Namun demikian, kami menyadari bahwa laporan ini masih belum sempurna.
Penyempurnaan secara berkelanjutan akan terus dilakukan seiring dengan adanya
saran ataupun kritikan dari berbagai pihak.
Laporan ini memuat
tentang materi kegiatan, jadwal serta hasil kegiatan. Kami mengucapkan terima
kasih dan penghargaan kepada seluruh staf sekolah yang telah meluangkan waktu
dan tenaganya untuk melaksanakan kegiatan bulan Ramadhan dan memberi saran
dalam penyusunan laporan ini. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan petunjuk
terhadap segala upaya yang kita lakukan demi untuk peningkatan mutu pendidikan
di Indonesia.
Kepala
Sekolah,
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latarbelakang
Bulan Ramadhan tahun 1446
H/ 2025 M adalah bulan yang penuh berkah dan hendaknya segala aktifitas tetap
berjalan dengan baik seperti pada bulan di luar bulan Ramdhan baik tentang
pembelajaran maupun tentang kegiatan keagamaan di sekolah –sekolah dari
SD hingga ke Perguruan Tinggi.
Tujuan dilaksanakan
pembelajaran di bulan Ramadhan adalah agar siswa tetap memperoleh
pendidikan tentang materi pembelajaran dan terkontrol ibadahnya dengan adanya
panduan kegiatan yang disusun dan dibimbing oleh guru di sekolah.
Di Sekolah Dasar
Negeri 4 Cijulang sudah merupakan suatu kegiatan rutin bahwa pada bulan
Ramadhan proses belajar mengajar tetap dilaksanakan, meskipun ada sedikit
perubahan jadwal atau materi ajar yang dikurangi, semua itu tidak
mengurangi tujuan dilaksanakannya kegiatan PBM di bulan Ramadhan.
Untuk menghadapi
kegiatan di bulan Ramadhan tersebut, maka Sekolah Dasar Negeri 4
Cijulang ikut berbenah diri untuk mencapai tujuan tersebut. Berbagai hal
dilakukan agar kegiatan bulan Ramadhan dapat terlaksana dengan lancar, seperti membawa
alat shalat, al-qur’an/iqro setiap hari, menyediakan sarana dan prasarana
penunjang lainnya.
Alhamdulillah tidak
terlalu banyak permasalahan yang dihadapi dalam pelaksanaan program ini. Hal
tersebut dikarenakan berjalannya komunikasi dan kerjasama antar guru serta
lingkungan sekitar sekolah.
B. DASAR HUKUM
1.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional;
2.
Undang-Undang Nomor 23 Tahun
2014 tentang Pemerintahan Daerah;
3.
Peraturan
Pemerintah Nomor 55 Tahun 2007 tentang Pendidikan Agama dan Keagamaan;
4.
Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005
tentang Standar Nasional sebagaimana telah diubah beberapa kali, terakhir
dengan Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2015 tentang Perubahan Kedua atas
Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan;
5.
Peraturan
Pemerintah Nomor 17 tahun 2010 tentang Pengelolaan Pendidikan;
6.
Peraturan
Presiden Nomor 87 Tahun
2017 tentang Pendidikan Penguatan Karakter;
7.
Peraturan Menteri
Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 20 Tahun 2018 tentang Penguatan pendidikan
karakter pada satuan pendidikan formal.
8.
Peraturan Daerah Provinsi Jawa Barat Nomor
5 Tahun 2017 tentang Penyelengaraan Pendidikan;
9.
Surat Kepala Dinas Pendidikan Provinsi
Jawa Barat Nomor 21808/PK.02.01.05/Sekre Tanggal 10 Juni 2024 tentang
Pedoman Penyusunan Kalender
Pendidikan Tahun Pelajaran 2024/2025;
10.
Surat Edaran Bersama
Menteri Pendidikan Dasar
Dan Menengah Republik
Indonesia Nomor 1 Tahun 2025, Menteri Dalam Negeri
Republik Indonesia Nomor 800.2.1/225/SJ, Menteri Agama Republik Indonesia Nomor
1 Tahun 2025, , tentang Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan di
Satuan Pendidikan.
11.
Surat Edaran Bersama
Menteri Pendidikan Dasar
Dan Menengah Republik
Indonesia Nomor 2 Tahun
2025, Menteri Agama
Republik Indonesia Nomor
2 Tahun 2025,
Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 400.1/320/SJ, tentang Pembelajaran di Bulan Ramadan
Tahun 1446 Hijriah/2025
Masehi.
Surat
edaran Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga KabuPaten Pangandaran Nomor: 420 /1123-Disdikpora/2025
tentang Penyusunan Program Kegiatan di Bulan Ramadan
C. TUJUAN
1.
Menumbuhkan nilai-nilai luhur Ramadan dan penguatan pendidikan karakter;
2.
Menambah dan memperluas wawasan keagamaan;
3. Meningkatkan amaliah di Bulan
Ramadan yang dilaksanakan secara terencana sesuai
situasi, kondisi, dan potensi masing-masing satuan pendidikan;
4. Menerapkan pengamalan ajaran agamanya masing-masing dalam kehidupan sehari-hari berupa bimbingan, arahan, pelatihan,
pembiasaan yang dilakukan secara bersama-sama dan berkesinambungan antara pihak
sekolah dengan orangtua
D. Hasil yang Diharapkan
1. Siswa memiliki pemahaman yang lebih baik tentang
ajaran Islam dan mampu mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.
2. Terbentuknya karakter siswa yang lebih disiplin,
sabar, serta memiliki kepedulian sosial yang tinggi.
3. Terciptanya lingkungan sekolah yang lebih religius
dan kondusif untuk pembelajaran.
4. Meningkatnya semangat berbagi dan kebersamaan di
antara siswa, guru, serta masyarakat sekitar.
5. Siswa menjadi lebih aktif dalam kegiatan keagamaan
dan memiliki semangat untuk terus meningkatkan ibadahnya, tidak hanya di bulan
Ramadhan tetapi juga dalam kehidupan sehari-hari.
E. Sasaran
Adapun sasaran dilaksanakan kegiatan
pembelajaran dibulan Ramadhan adalah seluruh siswa SD Negeri 4 Cijulang dari
kelas 1 – 6.
F. Manfaat
· Bagi siswa
1. Tetap memperoleh materi
pelajaran dari guru sehingga siswa tetap belajar.
2. Memperoleh pengetahuan
keagamaan lebih banyak sehingga siswa lebih memahaminya.
3. Memperoleh keterampilan
dibidang keagamaan karena adanya kegiatan yang terfokus khusus keagamaan berupa
praktek sholat,wuduk, baca alquran, infak, pidato, praktek sholat wajib serta
sunat serta menjaga lingkungan.
· Bagi Guru
1.
Memperkuat Keteladanan
Guru dapat menjadi contoh dalam menjalankan ibadah dengan baik di bulan
Ramadhan.
2.
Meningkatkan Kedekatan dengan
Siswa
Kegiatan seperti tadarus bersama atau kajian Islami mempererat hubungan guru
dan siswa.
3.
Mengembangkan Kreativitas
Mengajar
Guru dapat menciptakan metode pembelajaran yang lebih inovatif dan relevan
dengan suasana Ramadhan.
4.
Meningkatkan Spiritualitas dan
Kebersamaan
Guru dapat memperdalam ibadah dan merasakan kebersamaan dengan rekan sejawat
dalam berbagai kegiatan keagamaan.
· Bagi Sekolah
1.
Membentuk Lingkungan Sekolah
yang Religius
Suasana Ramadhan membuat sekolah lebih kondusif dalam menanamkan nilai-nilai
keagamaan.
2.
Meningkatkan Citra dan
Reputasi Sekolah
Sekolah yang aktif dalam kegiatan Ramadhan dapat dikenal sebagai lembaga yang
memiliki nilai-nilai keislaman yang kuat.
3.
Menumbuhkan Rasa Persaudaraan
Kegiatan bersama seperti buka puasa bersama dan sholat berjamaah mempererat
hubungan antarwarga sekolah.
4.
Meningkatkan Partisipasi Orang
Tua dan Masyarakat
Melalui berbagai kegiatan sosial, sekolah dapat membangun hubungan baik dengan
orang tua dan masyarakat sekitar.
BAB II
PELAKSANAAN
I. Metode :
· 1. Metode
Pembelajaran
Metode
pembelajaran bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada siswa mengenai
keutamaan, adab, dan praktik ibadah di bulan Ramadhan.
a. Ceramah dan
Diskusi Interaktif
- Guru memberikan materi seputar Ramadhan, seperti
keutamaan puasa, amalan sunnah, dan zakat fitrah.
- Sesi diskusi untuk menjawab pertanyaan siswa dan
meningkatkan pemahaman mereka.
b. Tadabbur
Al-Qur'an dan Hadis
- Mengkaji ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan
dengan Ramadhan dan puasa.
- Membaca dan memahami hadis-hadis tentang
keutamaan ibadah di bulan Ramadhan.
c. Metode Tanya
Jawab dan Studi Kasus
- Siswa diberikan pertanyaan terkait hukum puasa,
etika berbuka, serta adab Ramadhan.
- Studi kasus tentang situasi sehari-hari yang
dihadapi saat menjalankan ibadah puasa.
d. Role-Playing
(Simulasi Praktik Ibadah)
- Siswa diajak mempraktikkan doa berbuka puasa,
tata cara sahur, serta ibadah lainnya.
- Simulasi penghitungan zakat fitrah dan pembagian
kepada yang berhak.
2. Metode
Pembiasaan
Metode ini
bertujuan untuk membentuk kebiasaan baik yang sesuai dengan nilai-nilai
Ramadhan.
a. Pembiasaan
Ibadah Rutin
- Salat berjamaah di sekolah.
- Tilawah Al-Qur’an bersama setiap pagi sebelum
pelajaran dimulai.
- Pembagian kelompok untuk mengkhatamkan Al-Qur’an
selama Ramadhan.
b. Program
Infaq dan Sedekah
- Membiasakan siswa bersedekah melalui program
“Sedekah Harian Ramadhan”.
- Penggalangan dana untuk santunan anak yatim dan
dhuafa.
e. Lomba Islami
- Mengadakan kaligrafi Islam.
- Memberikan apresiasi kepada siswa yang aktif dan
berprestasi dalam program Ramadhan.
II. Waktu
:
Jadwal Kelas 1 dan Kelas 2 : 6 – 19
Maret 2025
Pukul |
Kegiatan |
Keterangan |
08.00
– 08.30 |
Dhuha, tadarus Al Quran, Kultum, pengisian
buku amaliyah Ramadhan |
Guru/Siswa |
08.30
– 09.00 |
Kegiatan belajar Mengajar |
Guru Kelas / Bidang |
09.00 – 09.15 |
Istirahat |
|
09.15 – 10.00 |
Kegiatan Belajar Mengajar |
Guru Kelas / Bidang |
10.00 |
Pulang |
|
Jadwal Kelas 3, 4, 5 dan 6 : 6 – 19
Maret 2025
Pukul |
Kegiatan |
Keterangan |
08.00
– 08.45 |
Dhuha, tadarus Al Quran, Kultum, pengisian
buku amaliyah Ramadhan |
Guru/Siswa |
08.45
– 10.00 |
Kegian Belajar Mengajar |
Guru Kelas / Guru Bidang |
10.00 – 10.15 |
Istirahat |
|
10.15 – 12.05 |
Kegiatan Belajar Mengajar |
Guru Kelas / Bidang |
12.05 – 12.30 |
Persiapan Sholat Dzuhur berjamaah Kultum |
Guru,Siswa,Kepala Sekolah |
12.30 |
Pulang |
|
Jadwal Kelas 1 s/d Kelas 6 : 20 Maret
2025
Pukul |
Kegiatan |
Keterangan |
08.00
s/d Selesai |
Kegiatan Lomba kegamaan/Kegiatan Berbagi Takjil Kepada warga Disekitar
Sekolah |
Semua warga sekolah |
Catatan:
- Pada
hari Jum’at Kelas 3-4 pulang pukul 11.00
III. Tempat
pelaksanaan :
·
Pembiasaan Keagamaan
dilaksanakan di halaman sekolah, kelas dan mesjid (menyesuaikan situasi dan
kondisi)
·
Di ruangan kelas I
s/d VI untuk proses pembelajaran
IV. Prosedur
Pelaksanaan
1. Kegiatan
tadarus/hafalan surat-surat pendek dilakukan di kelas masing-masing dengan
bimbingan guru.
2. Kajian
Islam diadakan di kelas masing-masing oleh Guru Bidang/kelas disisipkan
sebelum/dalam/setelah pembelajaran.
3. Lomba
keagamaan dikoordinasikan oleh panitia kegiatan Ramadhan.
4. Mengadakan
kegiatan sosial seperti berbagi takjil kepada masyarakat sekitar atau sesama
teman di sekolah.
BAB III
HASIL PELAKSANAAN KEGIATAN
A.
Absensi Siswa
Ditinjau dari kehadiran siswa untuk datang belajar ke
sekolah sangat baik sekali , karena dari jumlah siswa yang ada di tiap –tiap
kelas menunjukkan kehadiran di atas 95 %
B.
Absen Guru
Kehadiran guru juga sangat baik sekali ditunjukkan
dengan kehadiran setiap hari .
C.
Kegiatan Belajar Mengajar
Kegiatan pembelajaran berjalan dengan lancar yangmana
setiap guru kelas melaksanakan program pembelajaran sesuai dengan rencana yang
telah disusun. Mata pelajaran yang diajarkan adalah mata pelajaran seperti
Pendidikan Agama Islam, Bahasa Indonesia, PKn, Matematika, IPA, IPS. Sedangkan
mata pelajaran olah raga tidak diajarkan secara praktek namun diganti dengan
materi yang lebih menyenangkan.
D.
Kegiatan Rutin
Kegiatan rutin selama
bulan puasa adalah:
Ø Membaca Al Quran atau
Tadarus
Ø Membaca surat-surat
pendek
Ø Praktek sholat
Ø Kuliah Tujuh Menit
(Ofline dan Online)
Kultum Ofline dilaksanakan setelah Shalat Dhuha,
sedangkan kultum online diunggah pada akun sosial media sekolah berupa Intagram,
youtube dan facebook (link hasil karya terlampir)
Ø Sholat Dhuha
Ø Sholat Zuhur berjamaah
Ø Mengumpulkan infak
Ø Kajian Islam
E.
Kegiatan Lomba
Dalam rangka menyemarakkan
bulan suci Ramadhan, sekolah mengadakan Lomba Kaligrafi Islami
sebagai salah satu kegiatan keagamaan dan seni yang bertujuan untuk
meningkatkan kecintaan siswa terhadap Al-Qur'an serta mengembangkan kreativitas
mereka dalam seni menulis huruf Arab.
Lomba ini terbuka untuk
seluruh siswa dengan berbagai tingkat kemampuan, di mana peserta akan menulis
dan menghias ayat suci Al-Qur'an, hadis, atau kalimat Islami dengan indah dan
artistik. Kegiatan ini tidak hanya melatih ketelitian dan keterampilan seni,
tetapi juga menanamkan nilai-nilai keislaman dalam kehidupan sehari-hari.
Selain itu, lomba ini menjadi
ajang untuk menumbuhkan semangat kompetitif yang sehat di antara siswa serta
mempererat ukhuwah Islamiyah di lingkungan sekolah. Hasil karya terbaik akan
mendapatkan penghargaan dan dipamerkan sebagai bentuk apresiasi terhadap bakat
dan usaha siswa dalam bidang seni Islam.
F.
Bagi-bagi Takjil
Dalam
rangka mengisi bulan suci Ramadhan dengan kegiatan yang bermanfaat, sekolah
mengadakan program Bagi-Bagi Takjil sebagai bentuk kepedulian
sosial dan menumbuhkan semangat berbagi di kalangan siswa, guru, dan seluruh
warga sekolah.
Kegiatan
ini bertujuan untuk membiasakan siswa beramal sejak dini, menanamkan
nilai-nilai keikhlasan dan kebersamaan, serta mempererat hubungan antara
sekolah dengan masyarakat sekitar. Takjil yang dibagikan berupa makanan ringan
dan minuman untuk berbuka puasa, yang diperoleh dari sumbangan siswa, guru, dan
pihak sekolah.
Proses
pembagian takjil dilakukan di sekitar lingkungan sekolah, seperti di jalan
raya, masjid, atau kepada masyarakat yang membutuhkan. Dengan adanya kegiatan
ini, diharapkan siswa dapat lebih memahami arti berbagi dan meningkatkan
kepedulian sosial, sehingga semangat kebaikan yang ditanamkan di bulan Ramadhan
dapat terus berlanjut dalam kehidupan sehari-hari.
G.
Kegiatan Sosial
Dalam rangka mengisi bulan
suci Ramadhan dengan kegiatan yang bermanfaat, sekolah mengadakan program Bakti
Sosial: Membersihkan Masjid dan Lingkungan Sekolah. Kegiatan ini
bertujuan untuk menanamkan nilai kepedulian, kebersihan, serta semangat gotong
royong di kalangan siswa dan seluruh warga sekolah.
Dalam kegiatan ini, siswa
bersama guru akan membersihkan area masjid, seperti ruang sholat, tempat wudhu,
serta halaman masjid, agar lebih nyaman digunakan untuk ibadah. Selain itu,
kegiatan juga mencakup pembersihan lingkungan sekolah, seperti ruang kelas,
halaman, dan area sekitar sekolah agar tetap bersih dan asri.
Program ini tidak hanya
bertujuan untuk menjaga kebersihan, tetapi juga membentuk karakter siswa agar
lebih disiplin, peduli terhadap lingkungan, serta memahami pentingnya
kebersihan dalam Islam. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan suasana Ramadhan
di sekolah menjadi lebih nyaman dan penuh keberkahan bagi seluruh warga
sekolah.
BAB IV
PENUTUP
Bulan suci Ramadhan merupakan momen yang penuh berkah
dan menjadi kesempatan bagi sekolah untuk menyelenggarakan berbagai kegiatan
yang bernilai ibadah dan edukatif. Melalui program-program seperti lomba
kaligrafi, bagi-bagi takjil, serta kegiatan sosial seperti membersihkan masjid
dan lingkungan sekolah, siswa dapat belajar nilai-nilai keislaman, kebersamaan,
serta kepedulian terhadap sesama. Seluruh kegiatan yang telah dilaksanakan
memberikan pengalaman yang berharga bagi siswa dalam mengamalkan ajaran Islam
secara langsung dalam kehidupan sehari-hari.
Pelaksanaan program Ramadhan di sekolah ini dapat
berjalan dengan lancar berkat kerja sama dari berbagai pihak, termasuk siswa,
guru, staf sekolah, serta dukungan dari orang tua dan masyarakat sekitar.
Antusiasme dan partisipasi aktif dari semua pihak menunjukkan bahwa kegiatan
ini memiliki dampak positif dalam membangun karakter, meningkatkan ukhuwah
Islamiyah, serta menciptakan lingkungan sekolah yang lebih religius dan
harmonis. Evaluasi dari setiap kegiatan juga telah dilakukan agar program
serupa di tahun-tahun mendatang dapat berjalan lebih baik dan memberikan
manfaat yang lebih besar.
Dengan berakhirnya program ini, diharapkan nilai-nilai
kebaikan yang telah ditanamkan selama Ramadhan tidak hanya berhenti di bulan
suci ini, tetapi terus menjadi kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga kegiatan
yang telah dilaksanakan dapat memberikan keberkahan dan menjadi motivasi bagi
seluruh warga sekolah untuk terus meningkatkan ibadah, kepedulian sosial, serta
semangat berbagi di masa yang akan datang.
Mengetahui, Kepala SDN 4 Cijulang
OOP ROPIAH, S.Pd NIP. 197602071999032001 |
Cijulang, 25 Maret 2025 Guru Pendidikan Agama Islam ANDI SUKMAYADI, S.Pd NIP. 199202052024211017 |
LAMPIRAN
0 komentar:
Post a Comment