BAB I
PENDAHULUAN
A.
LATAR BELAKANG
Undang-undang
Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003
tentang Sistem Pendidikan Nasional, member kejelasan bahwa Pendidikan adalah
usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses
pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya
untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian,
kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya,
masyarakat, bangsa dan Negara.
Sistem
pendidikan nasional adalah keseluruhan komponen pendidikan yang saling terkait
secara terpadu untuk mencapai tujuan pendidikan nasional. Secara umum
pendidikan nasional merupakan pendidikan yang berdasarkan Pancasila dan
Undang-undang Dasar Negara repubik Indonesia Tahun 1945 yang berakar pada
nilai-nilai agama, kebudayaan nasional Indonesia dan tanggap terhadap tuntutan
perubahan zaman. Sasaran utama pendidikan nasional teraah kepada pemberian
pelayanan bagi seluruh peserta didik sebagai anggota masyarakat untuk berusaha
mengembangkan potensi dan jati dirinyamelalui proses pelayanan pembelajaran
yang tersedia terlaksana pada masing-masing sekolah. Keterlaksanaan pelayanan
pendidikan selain diatur oleh Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 juga dalam
pelaksanaannya harus mengacu kepada peraturan pemerintah Nomor 19 tahun 2005.
Peraturan
Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional
Pendidikan, memberikan kejelasan bahwa Standar nasional pendidikan adalah kriteria
minimal tentang sisitem pendidikan di seluruh wilayah hukum Negara Kesatuan
Republik Indonesia, termasuk di setiap sekolah. Lebih lanjut pengaturan Standar
diawali dari Standar Kompetensi lulusan yang merupakan kualifikasi kemampuan
lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Standar isi adalah
ruang lingkup materi dan tingkat kompetensi yang dituangkan dalam kriteria
tentang kompetensi tamatan, kompetensi bahan kajian, kompetensi mata pelajaran,
dan silabus pembelajaran yang harus dipenuhi oleh peserta didik pada jenjang
dan jenis pendidikan tertentu. Standar proses adalah standar nasional
pendidikan yang berkaitan dengan pelaksnaan pembelajaran pada satu
satuanpendidikan untuk mencapai standar kelulusan. Satndar penilaian pendidikan
adalah standar nasional pendidikan yang berkaitan dengan mekanisme, prosedur, dan
instrument penilaian hasil belajar peserta didik. Standar pendidik dan tenaga
kependidikan adalah kriteria pendidikan prajabatan dan kekayaan fisik maupun
mental, serta pendidikan dalam jabatan. Standar sarana dan prasarana adalah
standar nasional pendidikan yang berkaitan dengan kriteria minimal tentang
ruang belajar, tempat berolahraga, tempat beribadah, perpustakaan,
laboratorium, bengkel kerja, tempat bermain, tempat berkreasi dan berekreasi,
serta sumber belajar lain, yang diperlukan untuk menunjang proses pembelajaran,
termasuk penggunaan teknologi informasi dan komunikasi. Standar Pengelolaan
adalah standar nasional pendidikan yang berkaitan dengan perencanaan,
pelaksanaan, dan pengawasan kegiatan pendidikan pada tingkat satuan pendidikan,
atau sekolah agar tercapai efesiensi dan efektivitas penyelenggaraan
pendidikan. Standar Pembiayaan adalah standar yang mengatur komponen dan
besarnya biaya oprasi satuan pendidikan yang berlaku sselama satu tahun. Biaya
Operasional pendidikan adalah bagian dari dana pendidikan yang diperlukan untuk
membiayai kegiatan oprasional satuan pendidikan agar dapat berlangsungnya
kegiatan pendidikan yang sesuai standar nasional pendidikan secara teratur dan
berkelanjutan.
Untuk mencapai
sesluruh standar pendidikan seperti yang disebutkan di atas di setiap satuan
pendidikan termasuk di satuan pendidikan sekolah dasar sangat perlu dibuatkan
perencanaan yang matang untuk jangka waktu tertentu, lazimnya dalam bentuk
Rencana Pengembangan
Sekolah. Orientasi rencana pengembangan sekolah
pada hakikatnya merupakan bentuk perwujudan secara oprasional dalam mencapai
pelaksanaan kurikulum.
Pengembangan
sekolah terarah kepada pengembangan ketercapaian kurikulum, yang secara umum
bertujuan agar dapat memberi kesempatan peserta didik untuk : (a) belajar untuk
beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, (b) belajar untuk memahami dan
menghayati, (c) belajar untuk mampu melaksanaan dan berbuat secara efektif, (d)
belajar untuk hidup bersama dan berguna untuk orang lain, dan (e) belajar untuk
membangun dan menemukan jati diri melalui proses belajar yang aktif, kreatif,
efektif dan menyenangkan.
B.
LANDASAN HUKUM
1.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang
Sistem Pendidikan Nasional.
2.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005
tentang Standar Nasional Pendidikan.
3.
Keputusan Rapat Komite Sekolah.
Memahami dan menyadari
akan fungsi program pengembangan sekolah sebagai pedoman dalam keberlangsungan
pembelajaran maka komite SD Negeri 1 Margacinta menugaskan kepada Team Penyusun
Rencana Pengembangan Sekolah (RPS) SD Negeri 1 Margacinta untuk segera meyusun
program kerja penyusun rencana pengembangan sekolah sesuai potensi yang
dimiliki sekolah. (Keputusan ini tertuang pada Notula Rapat Tanggal 11Maret2017
C.
TUJUAN PENYUSUNAN
Penyusunan Rencana
Pengembangan Sekolah ini merupakan program utama Sekolah Dasar Negeri 1 Margacinta, bertujuan agar secara
oprasional dalam pengelolaan pendidikan dapat berlangsung sesuai amanat
tersebut diatas yang pada hakikatnya
sebagai pedoman untuk Tujuan Pendidikan Nasional serta kesesuaian dengan
kekhasan, kondisi dan potensi sekolah, khususnya Sekolah Dasar Negeri 1Margacinta.
D. TAHAPAN PENYUSUNAN
Penyusunan Rencana
Pengembangan Sekolah ini adalah merupakan bagian dari rangkaian kegiatan
pengembangan Sekolah Dasar Negeri 1 Margacinta. Kegiatan ini dapat dilihat pada
gambar di bawah ini :
SKEMA
PENYUSUNAN PENGEMBANGAN SEKOLAH
Pembentukan
tim kerja
|
Analisis dan
identifikasi data Dokumen Awal Sekolah
|
Analisisa 8 Standar Pendidikan
|
Pemberlakuan
|
· Analisis
SWOT
|
· Penetapan
Program Pengembangan Sekolah oleh Kepsek dan komite
|
· Melakukan
Musyawarah, penyusunan draf
· Meriview
· Sosialisai
|
· Penetapan
Program Pengembangan Sekolah oleh Dinas Kab. Ciamis
|
1.
Tahapan kegiatan penyusunan Rencana Pengembangan sekolah
secara garis besar meliputi: Penyusunan tim kerja melalui rapat komite,
penyampaian dan penyusunan draf, review dan revisi, serta finalisasi,
pemantapan dan penilaian.
2.
Langkah awal kerja tim adalah menganalisis dan
mengidentifikasi dokumen yang dimiliki sekolah yang merupakan asset dalam
pengembangan sekolah.
3.
Menganalisis kondisi yang ada di satuan pendidikan yang
meliputi peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan, saran prasarana,
biaya, dan program-program.
4.
Menganalisis peluang dan tantangan yang ada di masyarakat dan
lingkungan sekitar: komite sekolah, sumber daya alam dan sosial budaya.
5.
Melakukan musyawarah kerja menyusun draf, meriview serta
mensosialisasikan secara berulang kepada semua masyarakat sekolah.
6.
finialisasi
rencana pengembangan sekolah untuk diperlukan pada hari terakhir musyawarah
kerja sebagai ajang penetapatn keputusan Program Pengembangan Sekolah yang
ditandatangani Kepala Sekolah dengan persetujuan Komite Sekolah.
7.
Pengesahan dari Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pangandaran.
BAB II
TUJUAN SEKOLAH
A. Visi, Misi dan Tujuan SD Negeri 1 Margacinta
1.
Visi Sekolah :
Terwujudnya
akhlaq prestasi,berwawasan global yang dilandasi nilai-nilai budaya luhur
sesuai dengan ajaran agama
2.
Misi Sekolah
a. Menanamkan keyakinan/ akidah melalui
pengalaman ajaran agama
b. Meningkatkan sumberdaya
pendidik yang profesional
c. Mengembangkan pengetahuan
dibidang iptek,bahasa,olahraga dan seni budaya sesuai dengan bakat,minat dan
potensi siswa
d. Mewujudkan siswa yang iman dan takwa,trampil
serta berprestasi
e. Menjalin kerjasama yang harmonis antara warga
sekolah dan lingkungan
3.
Tujuan Sekolah
Pada tahun
2020 Sekolah
Dasar Negeri 1 Margacinta berkemampuan mewujudkan Peserta Didik yang berprestasi,
berbudaya dan Religius Islami mulai :
a.
Profesinalitas guru mendekati Standar Pendidik Nasional
b.
Rata-rata hasil belajar peserta didik memenuhi standar
nasional
c.
Lingkungan sekolah sabagai lingkungan komunitas pembelajaran
akademik dan non akademik
d.
Budaya sekolah religius Islami dan bermasyarakat
B.
Program Strategis
1.
Warga sekolah berkewajiban meningkatkan kinerja sesuai tugas,
fungsi dan kewenangan masing-masing
2.
Peningkatan kualitas pembelajaran baik akademik maupun non
akademik
3.
Peningkatan kualitas lingkungan sekolah untuk mewujudkan
lingkungan sebagai komunitas pembelajaran
4.
Peningkatan budaya islami dan bermasyarakat
C.
Strategi Pelaksanaan
Program
Program 1 :
Warga sekolah berkewajiban
meningkatkan kinerja sesuai tugas, fungsi dan kewewnangan masing-masing.
1.1.
Penataan, pengadaan dan pemeliharaan administrasi sekolah
1.1.1
Penataan, pengadaan dan pemeliharaan administrasi Kepala
Sekolah
1.1.2
Penataan, pengadaan dan pemeliharaan administrasi Kelas
1.1.3
Penataan, pengadaan dan pemeliharaan administrasi
Perpustakaan Sekolah
1.2.
Penataan dan pembenahan struktur organisasi kelembagaan
sekolah
1.2.1.
Penataan dan pembenahan organisasi sekolah
1.2.2.
Penataan dan pembenahan organisasi komite sekolah
1.2.3.
Penataan dan pembenahan Organisasi kesiswaan
1.2.4.
Penataan dan pembenahan hubungan kerja dengan intansi terkait
1.2.5.
Penataan dan pembenahan hubungan kerja dengan intansi lainnya
1.3.
Pembenahan garapan kerja warga sekolah
1.3.1.
Pembenahan garapan kerja bidang minijerial
1.3.2.
Pembenahan garapan kerja bidang akademik/kurikulum
1.3.3.
Pembagian tugas kerja bidang non akademik/ektrakurikuler
1.4.
Pembenahan pelaksanaan disiplin sekolah
1.4.1.
Penyusunan tata tertib disiplin warga sekolah
1.4.2.
Sosialisasi tata tertib disiplin sekolah
1.4.3.
Monitoring dan supervisi pelaksanaan kerja
1.4.4.
Tindak lanjut hasil monitoring dan supervisi pelaksanaan
kerja
1.5.
Melaksanakan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan kegiatan
kerja
1.5.1.
Analisis pelaksanaan program
1.5.2.
Penyusunan berbagai program
Program 2 :
Peningkatan kualitas
pembelajaran baik akademik maupun non akademik
Rincian Program :
2.1.
Pengelolaan Pelaksanaan Kurikulum
2.1.1.
Penyusunan dokumen kurikulum (KTSP)
2.1.2.
Penyusunan Program Pengajaran Tahunan dan Semester
2.1.3.
Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
2.1.4.
Penyususnan Instrumen evaluasi Pembelajaran
2.1.5.
Penyusunan Rencana Tindak Lanjut Hasil Evaluasi Pembelajaran
2.2.
Pengelolaan peningkatan kulalitas pembelajaran
2.2.1.
Peningkatan kemampuan pemahaman metodologi pembelajaran
2.2.2.
Peningkatan kemampuan penggunaan berbagai metoda pembelajaran
2.2.3.
Peningkatan kemampuan penggunaan alat peraga/media
pembelajaran
2.2.4.
Peningkatan kemampuan menggunakan berbagai teknik evaluasi
2.3.
Pengelolaan pelaksanaan evaluasi pembelajaran
2.3.1.
Keterlaksanaan Ulangan Harian
2.3.2.
Keterlaksanaan Ulangan Tengah Semester
2.3.3.
Keterlaksanaan Ulangan Akhir Semester/Ulangan Kenaikan Kelas
2.3.4.
Keterlaksanaan Ujian Sekolah
2.4.
Pengelolaan pelaksanaan ektrakulikuler
2.4.1.
Keterlaksanaan kegiatan ektrakulikuler bidang Kepramukaan
2.4.2.
Keterlaksanaan kegiatan ektrakulikuler bidang Olahraga
2.4.3.
Keterlaksanaan kegiatan ektrakulikuler bidang Kesenian
2.4.4.
Keterlaksanaan kegiatan ektrakulikuler bidang Keagamaan
2.5.
Pengelolaan peningkatan Kompetensi Guru
2.5.1.
Peningkatan kompetensi guru melalui kegiatan diskusi/rapat
sekolah
2.5.2.
Peningkatan kompetensi guru melalui kegiatan KKG di Gugus
2.5.3.
Peningkatan kompetensi guru melalui kegiatan
Penataran/Pelatihan
2.5.4.
Peningkatan kompetensi guru melalui kegiatan Seminar/Forum
Ilmiah
2.5.5.
Peningkatan kompetensi guru melalui kegiatan Studi Banding
2.6.
Pengadaan dan pemeliharaan sarana dan prasarana pembelajaran
2.6.1.
Pengadaan buku sumber belajar pegangan guru
2.6.2.
Pengadaan buku sumber belajar untuk siswa
2.6.3.
Pengadaan alat peraga pembelajara
2.6.4.
Pengadaan sarana prasarana kegiatan ekstrakurikuler
Program 3 :
Peningkatan kualitas
penataan lingkungan sekolah untuk mewujudkan lingkungan sebagai komunitas pembelajaran
Rincian Program :
3.1.
Peningkatan penataan dan pemeliharaan taman sekolah sebagai
sumber belajar
3.1.1.
Penanaman Apotek Hidup
3.1.2.
Pemberian nama atas tumbuhan yang hidup di tanah/kebun
sekolah
3.1.3.
Pemagaran taman/halaman sekolah
3.2.
Peningkatan pemanfaatan bulletin/papan berita
3.2.1.
Pengadaan, Perbaikan papan berita
3.2.2.
Penambahan langganan Koran/majalah sebagai bahan bacaan
3.3.
Peningkatan pemeliharaan gedung sekolah
3.3.1.
Pelaburan dinding sekolah
3.3.2.
Perbaikaikan ringan atap yang rusak
3.3.3.
Perbaikan ringan kusen jendela dan pintu
3.3.4.
Perbaikan meja dab kursi belajar
3.3.5.
Perbaikan alat/sarana lainnya
3.4.
Peningkatan pemeliharaan dan pemberdayaan lingkungan sekolah
3.4.1.
Pemeliharaan kebun sekolah
3.4.2.
Pemeliharan tempat ibadah/mushola
3.4.3.
Pemeliharaan sarana air bersih
3.4.4.
Pemeliharaan ruang perpustakaan
3.4.5.
Pemberdayaan perpustakaan
Program 4 :
Peningkatan berbudaya islami dan
bermasyarakat
Rincian Program :
4.1.
Peningkatan pelaksanaan Ketaqwaan dan keimanan Kepada Allah
SWT.
4.1.1.
Keterlaksanaan silaturahmi melalui 5 S (senyum, salam, sapa ,
sopan, santun )
4.1.2.
Shalat berjamaah
4.1.3.
Peningkatana pemanfaatan Mushola
4.1.4.
Tadarus pagi melalui baca satu ayat dari Al-Qur’an
4.1.5.
Berbusana Muslim/Muslimah pada hari Jum’at
4.1.6.
Pesantren kilat di bulan Ramadhan
4.1.7.
Peringatan hari-hari besar Islam
4.1.8.
Pesantren kilat bagi kelas VI
4.2.
Peningkatan pelaksanaan K.3
4.3.
Pemeliharaan sarana air bersih
4.4.
Pengelolaan dan pemberdayaankegiatan rumah tangga sekolah
D. Hasil yang Diharapkan
Sasaran Tahun Ke 1 (2017-2018)
1.
Minimal 65 % Warga sekolah berkemampuan melaksanakan
kewajiban sesuai tugas, fungsi dan kewenangan masing-masing
2.
Minimal 65 % seluruh tenaga pendidik melaksnakan pembelajaran
baik akademik maupun non akademik berkualitas
3.
Minimal 65 % penataan lingkungan sekolah mampu dilaksanakan
terarah kepada ketercapaian terwujudnya lingkungan sekolah sebagai komuniitas
pembelajaran
4.
Minimal 65 % pelaksanaan peningkatan budaya bernuansa Islami
dan bermasyarakat bias tercapai
SasaranTahun ke 2 (2017-2018)
1.
Minimal 70 % Warga Sekolah berkemampuan melaksanakan
kewajiban sesuai tugas, fungsi dan kewenangan masing-masing
2.
Minimal 70 % seluruh tenaga pendidik melaksnakan pembelajaran
baik akademik maupun non akademik berkualitas
3.
Minimal 70 % penataan lingkungan sekolah mampu dilaksanakan
terarah kepada ketercapaian terwujudnya lingkungan sekolah sebagai komuniitas
pembelajaran
4.
Minimal 70 % pelaksanaan peningkatan budaya bernuansa Islami
dan bermasyarakat bias tercapai
SasaranTahun ke 3 (2018-2019)
1.
Minimal 75 % Warga Sekolah berkemampuan melaksanakan
kewajiban sesuai tugas, fungsi dan kewenangan masing-masing
2.
Minimal 75 % seluruh tenaga pendidik melaksnakan pembelajaran
baik akademik maupun non akademik berkualitas
3.
Minimal 75 % penataan lingkungan sekolah mampu dilaksanakan
terarah kepada ketercapaian terwujudnya lingkungan sekolah sebagai komuniitas
pembelajaran
4.
Minimal 75 % pelaksanaan peningkatan budaya bernuansa Islami
dan bermasyarakat bias tercapai
SasaranTahun ke 4 (2019-2020)
1.
Minimal 80 % Warga Sekolah berkemampuan melaksanakan
kewajiban sesuai tugas, fungsi dan kewenangan masing-masing
2. Minimal 80 % seluruh
tenaga pendidik melaksnakan pembelajaran baik akademik maupun non akademik
berkualitas
3. Minimal 80 % penataan
lingkungan sekolah mampu dilaksanakan terarah kepada ketercapaian terwujudnya
lingkungan sekolah sebagai komuniitas pembelajaran
4.
Minimal 80 % pelaksanaan peningkatan budaya bernuansa Islami
dan bermasyarakat bias tercapai
BAB III
ANALISIS DAN PELAKSANAAN PROGRAM
I.
ANALISIS RUANG LINGKUP DAN
KESIAPAN
A.
RUANG LINGKUP
Sebagaimana disampaikan pada bagian
pendahuluan bahwa, Orientasi rencana pengembangan sekolah pada hakikatnya
merupakan bentuk perwujudan secara oprasional dalam mencapai keterlaksanaan dan
keberhasilan kurikulum. Unutk itu maka ruang lingkup analisis dan garapan
menyangkut dengan ketercapaian kurikulum tersebut, antara lalin menyangkut :
1.
Pengelolaan Kurikulum
a.
Penyusunan Program Kurikulum
b.
Kegiatan Proses Belajar Mengajar
c.
Kegiatan Pelaksanaan Penilaian
d.
Kegiatan peningkatan kualitas pembelajaran
2.
Pengelolaan Ketenagaan
a.
Penambahan tenaga pendidik
b.
Peningkatan kualitas tenaga pendidik
c.
Kesejahteraan Tenaga Pendidik
d.
Pembagian tugas dan fungsi kerja
3.
Pengelolaan Pendanaan
a.
Pendataan sumber dana
b.
Penyusunan pengalokasian dana (RAPBS/RKAS)
c.
Monitoring dan Evaluasi penggunaan dana
d.
Penyusunan dan pelaporan penggunaan dana
4.
Pengelolaan Kesiswaan
a.
Penerimaan dan pengadministrasian peserta didik
b.
Penelusuran bakat dan minat siswa
c.
Penyusunan program ektrakurikuler/pengembangan diri
d.
Penyelenggaraan kegiatan ektrakurikuler/pengembangan diri
e.
Keterlibatan pada Porsivitas
f.
Lomba Mata Pelajaran/Olimpiade MIPA/OSN
g.
Penyelenggaraan Pesantren Kilat
h.
Peringatan Hari Besar Agama dan Hari nasional
i.
Penyelenggaraan Pentas Seni/Olah raga
j.
Keterlibatan Kemping kegiatan Pramuka
5.
Pengelolaan Sarana Prasarana
a.
Sarana Prasarana Kantor
1)
Pengadaan Alat kantor
2)
Pemeliharaan/Perawatan alat kantor
b.
Sarana Prasarana Pembelajaran
1)
Pengadaan sumber belajar
2)
Perawatan sumber belajar
3)
Pengadaan alat peraga pembelajaran
4)
Perawatan alat peraga pembelajaran
5)
Pengadaan sarana prasarana perpustakaan
6)
Perawatan dan Pemanfaatan sarana perpustakaan
7)
Pengadaan alat ektrakurikuler
8)
Perawatan dan pemanfaatan alat ektrakulikuler
c.
Sarana Prasarana Sekolah
1)
Perawatan/perbaikan Gedung Sekolah
2)
Pembangunan Mushola
3)
Perawatan/perbaikan Halaman, Kebun dan Taman Sekolah
4)
Perawatan/perbaikan Meubeleir
6.
Pengelolaan Keterlibatan Masyarakat/Stakecholder
a.
Penyusunan Pengurus Komite Sekolah
b.
Penyusunan Program Kerja Komite Sekolah
c.
Penysunan Pengurus/Tim Pengembangan Sekolah
d.
Penyusunan Program Pengembangan Sekolah
e.
Penyusunan Pengurus /Tim Pengembang Kurikulum
f.
Penyusunan Progam kerja Pengembangan Kurikulum
7.
Pengelolaan Supervisi, Program Kerja Pengembangan Evaluasi
dan Pelaporan
a.
Penyusunan Program Monitoring/supervisi Manajerial dan
Akademik
b.
Pelaksanaan Monitoring dan Supervisi
c.
Analisis dan Evaluasi Kinerja
d.
Penyusunan Laporan
B.
ANALISIS KESIAPAN
1.
IDENTITAS FUNGSI
Fungsi yang terkait dengan program
dan ruang lingkup diatas pada tahun kesatu (tahun 2016/2017) adalah sebagai berikut
:
1.
Fungsi Ketenangan
2.
Fungsi Kurikulum
3.
Fungsi Kesiswaan
4.
Fungsi Sarana Prasarana
5.
Fungsi Humas
2. ANALISIS SWOT SEKOLAH
Sasaran : 1. Warga Sekolah berkemampuan melaksanakan kewajiban sesuai
tugas, fungsi dan kewenangan masing-masing
Fungsi dan factor
|
Kriteria kesiapan
|
Kondisi nyata
|
Tingkat kesiapan faktor
|
|
Siap
|
tidak
|
|||
a. Fungsi Program
1)
Factor Internal
a)
Inovasi manajemen
b)
Panduan penyusunan RPS
2)
Faktor Ektsternal
a)
Pemahaman stakeholder atas
RPS
|
· Tinggi
· Ada
Tinggi
|
· Cukup
· ada
Cukup
|
|
|
b.Fungsi Kelembagaan
1)
Factor Internal
a)
Team Sekolah
b)
Job diskription
c)
Sosialisasi
d)
Pertemuan stakeholder
e)
Penyusunan Program
f)
Pengendalian program
g)
pelaporan
2)
Factor Ektsternal
a)
Kesiapan Komite Sekolah
b)
Kesiapan Stakeholder
|
· Ada
· Dibuat
· Dilaksanakan
· Dilaksanakan
· Dilaksanakan
· Dilaksanakan
· Dilaksanakan
· Ada
· Ada
|
· Ada
· Ada
· Dilaksanakan
· Tidak
· Terjadwal
· Terlaksana
· Dibuat
· Ada
· tidak
|
|
|
c. Fungsi Sarana Prasarana
1)
Factor Internal
a)
Tempat pertemuan
b)
ATK
|
· Tersedia
· Tersedia
|
· Tersedia
· Memadai
|
|
|
d.Fungsi Keuangan
1)
Factor Internal
a)
Dana
b)
Alokasi anggaran
2)
Factor Eksternal
a)
Dukungan dari orang tua siswa
b)
Dukungan dari pemerintah
|
· Tersedia
· Tersedia
· Ada
· Ada
|
· Tersedia
· Memadai
· Tidak ada
· tersedia
|
|
|
v Alternatif langkah-langkah
Pemecahan Persoalan :
hasil analisis SWOT pada sasaran
kesatu di dapat beberapa masalah sesuai dengan kondisi nyata tingkat kesiapan
factor, maka alternative pemecahan masalah untuk sasaran kesatu adalah :
a.
penataan, pengadaan, dan pemeliharaan administrasi sekolah
b.
penataan dan pembenahan struktur organisasi kelembagaan
sekolah
c.
pembenahan garapan kerja warga sekolah
d.
pembenahan pelaksanaan disiplin sekolah
e.
pelaksanaan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan kegiatan kerja
Sasaran : 2. Pemberdayaan seluruh tenaga pendidik melaksnakan pembelajaran
baik akademik maupun non akademik berkualitas
Fungsi dan factor
|
Kriteria kesiapan
|
Kondisi nyata
|
Tingkat kesiapan faktor
|
|
Siap
|
tidak
|
|||
Fungsi pendukung PBM
1. faktor Internal
a. Penggunaan
Metoda mengajar
b. Pemberdayaan
siswa
c. Perilaku Siswa
d. Hubungan guru
dan siswa
e. Penggunaan
waktu belajar
2. Faktor
Eksternal
a. Kesiapan siswa
dalam belajar
b. Dukungan orang
tua
c. Lingkungan
sosial sekolah
d. Lingkungan
fisik sekolah
|
Bervariasi
Berpariasi
Disiplin
Akrab
Efektif
Siap
Tinggi
Konduktif
Cukup
baik
|
Siap
Cukup
Cukup
Akrab
Efektif
Siap
Cukup baik
Kondusif
Cukup baik
|
Siap
|
|
Fungsi pendukung ketenagaan
1. Faktor Internal
a. Jumlah Guru
b. Kualifikasi
guru
c. Kesesuaian
dengan Mata Pelajaran
d. Jumlah jam
mengajar
2. Factor
Eksternal
a. Pengalaman
mengajar guru
b. Kesiapan guru mengajar
c. Pasilitas
pengembangan diri
|
Memadai
S.1
Konduktif
< 18 JamPel
0 – 5 tahun
Memadai
Tersedia
|
Memadai
55
%
Sesuai
<
18 JamPel
<
5 tahun
Cukup
Belum
|
|
|
Fungsi pendukung
sarana Perpustakaan
1. Faktor Internal
a. Buku setiap
mata pelajaran
b. Jumlah buku
penunjang
c. Jumlah lemari
dan rak buku
d. Ruang perpustakaan
2. Faktor
Eksternal
a. Dukungan orang
tua
b. Kerjasama
dengan pihak lain
c. Kesesuaian buku
penunjang
|
Cukup
Cukup
Cukup
Luas, nyaman
Mendukung
Ada
100 %
|
50 % cukup
35 % cukup
05 % cukup
Belum
Kurang
Cukup
Kurang ;20%
|
|
|
Fungsi Sarana/Prasarana
1. Faktor Internal
a. Bahan Ajar
b. Kurikulum Mulok
c. Ruang
Belajar/kelas
d. Fasilitas alat pembelajaran/peraga
e. Fasilitas Media
Pendidikan
f. Perpustakaan
Guru/Siswa/khusus
g. Pelayanan
perpustakaan
2. Faktor
Eksternal
a. Bantuan Orang
tua
b. Bantuan
Pemerintah
|
Memadai
Ada
Memadai
Memadai
Memadai
Ada
Memadai
Tersedia
Tersedia
|
35 %
Ada
Cukup
Kurang
Kurang
Tidak ada
Tidak ada
Tidak ada
Ada
|
|
|
|
|
|
|
|
Fungsi
dan factor
|
Kriteria
kesiapan
|
Kondisi
nyata
|
Tingkat
kesiapan faktor
|
|
Siap
|
tidak
|
|||
Fungsi
: Siswa
1.
faktor
Internal
a.
Jumlah
siswa tiap extra
b.
Motivasi
siswa
c.
Latar
belakang/minat
d.
Bakat
e.
Postur
Tubuh
2.
Faktor
Eksternal
a.
Dukungan
orang tua
b.
Dukungan
Lingkungan
c.
Dukungan
Instansi terkait
|
Merata
Tinggi
Tinggi
Sesuai
Sesuai
Tinggi
Tinggi
Tinggi
|
Kurang
Tinggi
Kurang
Kurang
Kurang
Cukup
Kurang
Kurang
|
|
|
Fungsi pendukung : ketenagaan
1.
Faktor
Internal
a.
Jumlah
Pelatih
b.
Kualifikasi
guru
c.
Relepansi
pelatih
2.
Faktor
Eksternal
a.
Pengalaman
pelatih
b.
Kesiapan
pelatih
|
Memadai
Sesuai
Ada
> 3 tahun
Tinggi
|
Kurang
50 %
Kurang
> 5 tahun
Tinggi
|
|
|
Fungsi Latihan
1.
Faktor
Internal
a.
Tipe
latihan
b.
Itensitas
latihan
c.
Waktu
latihan
e.
Motivasi
pelatih
2.
Faktor
Eksternal
a.
Dukungan
orang tua
b.
Dukungan
lingkungan
|
Teratur
80 %
2-3 / Minggu
Tinggi
Tinggi
Tinggi
|
Kurang
40 %
1 x minggu
Tnggi
Kurang
Kurang
|
|
|
Fungsi Pendukung Sarana Prasarana
1.
Faktor
Internal
a.
Alat
Olahraga
b.
Alat
Kesenian
c.
Jumlah
alat Olah Raga
d.
Jumlah
Alat Kesenian
2.
Faktor
Eksternal
a.
Bantuan
Orang
|
Lengkap
Lengkap
Lengkap
Lengkap
Tinggi
|
Cukup
Kurang
Kurang
Cukup
Kurang
|
|
|
|
|
|
|
|
Alternatip langkah-langkah pemecahan
masalah.
Agar faktor-faktor yang tidak siap
sesuai kondisi nyata maka alternatif pemecahan persoalan pada sasaran 2 adalah
sebagai berikut :
a.
Peningkatan Pengelolaan Pelaksanaan Kurikulum
b.
Peningkatan Pengelolaan kualitas pelaksanaan pembelajaran
c.
Peningkatan pengelolaan pelaksanaan evaluasi pembelajaran
d.
Pengelolaan peningkatan kompetensi Guru
e.
Peningkatan pengadaan dan pemeliharaan sarana prasarana
pembelajaran
f.
Peningkatan pengelolaan pelaksanaan ektrakurikuler, melalui :
a)
Penjaringan siswa yang tepat dalam memilih ekstrakurikuler
selain menurut bakat dan minat siswa, juga disesuaikan dengan kebutuhan dari
cabang ekstrakulikuler yang terpilih
b)
Sosialisasi dengan orang tua tentang ekstrakurikuler yang ada
di Sekolah dasar Negeri 1 Margacinta pada awal tahun ajaran dan pembagian raport
c)
Mengirimkan Pembina pada pelatihan sesuai bidangnya
d)
Jadwal latihan diperbanyak disesuaikan dengan kebutuhan tiap
ekstrakulikuler
e)
Try Out dengan lingkungan luar sekolah untuk mengevaluasi
hasil dari latihan
f)
Melengkapi sarana prasarana yang diibutuhkan oleh tiap
ekstrakulikuler
g)
Mengikuti even-even yang ada di dalam dan luar
Gugus/Kecamatan sebagai ajang pengalaman bertanding/berprestasi.
Sasaran 3 :Peningkatan kualitas
penataan lingkungan sekolah utnuk mewujudkan lingkungan sebagai komunitas
pembelajaran.
Fungsi
dan factor
|
Kriteria
kesiapan
|
Realita
|
Tingkat
kesiapan faktor
|
|
Siap
|
tidak
|
|||
Fungsi
Ketenagaan
1.
faktor
Internal
a.
Kesiapan
Guru pengajar
b.
Jumlah
Pesuruh
2.
Faktor
Eksternal
a.
Kerja
sama dngan siswa
b.
Kerja
sama warga sekolah
|
100 %
1 Orang
100 %
100 %
|
100 %
1 Orang
60 %
Mendukung
60 %
Mendukung
|
|
|
Fungsi Kurikulum
1.
Faktor
Internal
a.
Manfaat
untuk KBM
b.
Pembelajaran
di luar kelas
· IPA
· Matematika
· Bahas Indonesia
· Seni
· IPS
2.
Faktor
Eksternal
a.
Pendukung
Kurikulum
|
100 %
50 %
Dilaksanakan
Ada lengkap
|
80 % Bermanfaat
50 % terlaksana
Tidak lengkap
|
|
|
Fungsi Kesiswaan
1.
Faktor
Internal
|
|
|
|
|
d.
Pembuatan
jadwa piket
e.
Melaksanakan
kebersihan
2.
Faktor
Eksternal
a.
Dukungan
orang tua
b.
Dukungan
masyarakat
|
Ada
Setiap Jum’at
100 %
100 %
|
Ada
Setiap
Jum’at
50 %
Mendukung
50 %
Mendukung
|
|
|
Fungsi Sarana
1.
Faktor
Internal
a.
Sarana
kebersihan
· Tempat sampah
· Sapu lidi dan sapu ijuk
· Mesin rumput
· Instalasi air tanaman
b.
Sarana
kenyamanan ruang belajar
· Memiliki pentilasi udara
· Dilengkapi dengan kipas angin dan AC
c.
Sarana
kerindangan sekitar tanaman
Fungsi
Humas
a.
Faktor
Internal
· Partisipasi orang tua
· Partisipasi komite
b.
Faktor
Eksternal
· Partisipadi masyarakat
|
Tersedia
lengkap
Ada lengkap
Memenuhi
Mendukung
Tinggi
|
lengkap
lengkap
Belum
memenuhi
Mendukung
Rendah
|
|
|
Alternatif Pemecahan Masalah
Berdasarkan hasil analisis yang
dilakukan untuk sasaran ke lima, maka ada faktor yang tidak siap. Untuk
mengatasi factor-faktor yang tidak siap, maka dilaksanakan alternatif pemecahan
masalah sebagai berikut :
a.
Melakukan kesrja sama dengan siswa untuk menciptakan
lingkungan bersih dengan menempatkan tong sampah di depan setiap kelas.
b.
Memberikan pengarahan kepada pengelola Kanin sekolah untuk
melaksanakan kebersihan lingkungan sekolah
c.
Melaksanakan lintas pembelajaran antar mata pelajaran
d.
Memberikan himbauan kepada orang tua siswa tentang pentingnya
kebrsihan lingkungan skitar.
e.
Melaksanakan bakti social degan masyarakat sekitar lingkungan
sekolah
f.
Menginventarisir kelengkapan kebrsihan lingkungan sekolah
g.
Melengkapi pentilasi ruangan kelas yang belum sempurna/belum
memenuhi syarat kesehatan
h.
Menambah tanaman-tanaman perindag lingkungan sekolah
i.
Mengajak masyarakat sekitar untuk kerjasama menciptakan
lingkungann sekitar menjadi bersih
j.
Peningkatan penataan dan pemeliharaan taman sebagai sumber
belajar
k.
Peningkatan pemanfaatan bulletin / papan berita
l.
Peningkatan pemeliharaan gedung sekolah
m.
Peningkatan pemeliharaan dan pemberdayaan lingkungan sekolah
n.
Pemeliharaan kebun sekolah
o.
Pemeliharaan tempat ibadah/Mushola
p.
Pemeliharaan sarana air bersih
q.
Pemeliharaan ruang perpustakaan
r.
Pemberdayaan perpustakaan.
Sasaran 4 : Peningkatan
berbudaya islami dan bermasyarakat
Fungsi
dan factor
|
Criteria
kesiapan
|
Realita
|
Tingkat
Kesiapan faktor
|
|
Siap
|
Tidak
|
|||
1. Fungsi
Ketenagaan
a.
Faktor
Internal
· Guru agama
· Jenis guru PAI
· Penglaman belajar
b.
Faktor
Ekternal
· Kepedulian guru lain
· Kepedulian DKM
· Kepedulian BK
· Partisipasi masyarakat
|
1 orang
100 % layak
> 05 tahun
100 % mendukung
100 % mendukung
100 % mendukung
Aktiv
|
1 orang
100 %
> 10 tahun
100 % mendukung
100 % mendukung
100 % mendukung
Aktiv
|
|
|
2. Fungsi
Kurikulum
a.
Faktor
Internal
· Jumlah Jampel PAI
· Kurikulum
· KKG PAI
· Adanya Evaluasi
b.
Faktor
Ekternal
· Kegiatan ektrakurikuler BTQ dan Qiroat
· Tadarusan setiap pagi
· Waktu shalat berjamaah di sekolah
· Shalat Jum’at di sekolah
· PHBI
· Pesantren Kilat
|
4 jampel/minggu
2010
2 X / Bulan
Dilaksanakan
Ada, BTQ dan Qiroat
Dilaksanakan
Istirahat ke 2 selama 30 menit
Dilaksanakan
3 X setahun
Dilaksanakan 1 X
|
4 jampel/minggu
2010
2 X / Bulan
Dilaksanakan
Dilaksanakan Cuma belum kontinyu
Dilaksanakan tapi belum serempak
Istirahat ke 2 Selama 30 menit
Belum
2 X setahun
Dilaksanakan 1 X
|
|
|
3. Fungsi
Kesiswaan
a.
Faktor
Internal
· Kesiapan siswa
· Antusias siswa
· Status kegamaan siswa
· Tata tertib siswa
· Buku masalah siswa
· Buku kendali siswa
b.
Faktor
Ekternal
· Keterlibatan guru
· Keterlibatan Komite
· Keterlibatan orang tua
· Keterlibatan masyarakat
|
100 % siap
100 % antusias
100 % islam
Dibuat
Dibuat
Dibuat
100 % dilibatkan
100 % dilibatkan
100 % mendukung
100 % mendukung
|
100 % siap
95 % antusias
100 % islam
Dibuat
Dibuat
Dibuat
100 % dilibatkan
100 % dilibatkan
100 % mendukung
95 % mendukung
|
|
|
4. Fungsi
Saran Prasarana
a.
Faktor
Internal
· Adanya sarana Mesjid
· Kamar kecil guru & siswa
· Lokasi tempat wudlu
· Ukuran mesjid
· Adanya Al-qur’an dikelas
b.
Faktor
Ekternal
· Perangkat shalat
· Sound sistym mesjid
· Alat shalat
· Tenda penggabung mesjid
· Kipas angin
· Pengurus mesjid
· Tempat/Raksandal/
Sepatu
|
Ada 1
Ada 4 kamar
Memadai
4 X 8 m
1 : 1
Mukena/sarung 20
1 set lengkap
Sajadah lengkap
11 X 12 m
1 buah
Ada
Tersedia
|
Ada 1
Ada 4 kamar
Memadai
3 X 4,5 m
1 : 50
Terpenuhi 10 dan 10
Belum ada
Sajadah lengkap
Tidak ada
1 buah
Ada
Belum ada
|
|
|
5. Fungsi
Humas
a.
Faktor
Internal
· Adanya pembiasaan
· Sosialisasi ke orang tua
· Pelaksanaan zakat
b.
Faktor
Ekternal
· Dukungan orang tua
· Dukungan masyarakat
|
Ada &terprogram
Dilskdsnsksn 3 kali
Dilaksanakan 1 kali
Mendukung 100 %
Mendukung 100 %
|
Ada& terprogram
Dilskdsnsksn 3 kali
Dilaksanakan 1 kali
Mendukung 100 %
Mendukung 100 %
|
|
|
Alternatif
Pemecahan Masalah :
Berdasarkan
analisis yang telah dilakukan untuk sasaran pertama, maka ada beberapa factor
yang tidak siap. Untuk mengatasi faktor-faktor yang tidak siap maka
dilaksanakan alternatif pemecahan masalah sebagai berikut :
Ø Untuk pemenuhan kekurangan
guru pembimbing yang profesional, dengan kebijakan Kepala Sekolah menugaskan
guru mata pelajaran yang senior untuk bertugas menjadi guru pembimbing dengan
syarat minimal harus atau pernah pelatihan dan penataran tentang pengembangan
potensi anak.
Ø Untuk memfasilitasi terlaksnanya
tadarusan harus ditunjang oleh jumlah al-Qur’an yang cukup memadai dan guru jam
pertama atau wali kelas sebagai pengawas kegiatan tersebut agar lebih
ditingkatkan (setiap anak satu Al-Qur’an)
Ø Untuk memfasilitasi
terlaksananya shalat Jum’atan di sekolah antara lain :
1) Memerlukan perluasan
bangunan mushola
2) Memerlukan penambahan
sajadah
3) Membangun jamban untuk
berwudlu
Ø Pembinaan terhadap anak
dan guru-guru dalam rangka kaitan dengan program pembiasaan dalam waktu 1 x 1
semester
Ø Untuk pemeuhan kesiapan
dan antusias siswa terhadap program sekolah pada umumnya kesiswaan berupaya
untuk :
1) Mengadakan pembinaan
secara langsung 2 kali dalam satu tahun
2) Siswa diberi acuan tentang
program sekolah
3) Adnya pembagian tugas yang
jelas bagi siswa yang menjadi pengurus kelas
4) Memotivasi siswa agar
tumbuh rasa memiliki apa yang ada di sekolah
5) Memotivasi siswa
pentingnya kesadaran dalam pelaksanaan pembiasaan
Ø Untuk memfasilitasi
kantin-kantin yang ada di sekolah agar tempatnya terbuka dan sehat antara lain
:
1) Menyediakan lokasi untuk
kantin disediakan oleh sekolah
2) Memotivasi pengguna kantin
agar bias mendukung program sekolah
Ø Memotifasi siswa dan warga
sekolah untuk menumbuhkan antusias terhadap sodaqoh atau infak untuk perbaikan
mesjid.
Ø Memotivasi para mantan
atau alumni agar bias menyisihkan dari penghasilan malalui kotak amal yang
disediakan ditempat tertentu.
Ø Memotifasi siswa tentang
pentingnya membaca Al-Qur’an serta pelaksanaan shalat yang dilaksanakan di
sekolah minimal setiap siswa memiliki Al-Qur’an, Mukena dan Sarung.
Ø Peningkatan pelaksanaan
Ketakwaan dan Keimanan Kepada Allah SWT. Melalui :
1) Keterlaksanaan silaturahmi
melalui 5 S (senyum, salam, sapa, sopan, dan santun)
2) Shalat berjamaah
3) Peningkatan pemanfaatan
Mushola
4) Tadarus pagi melalui baca
satu ayat dari Al-Qur’an
5) Berbusana Muslim/Muslimah
pada hHari Jum’at
6) Pesantren Kilat di Bulan
Ramadhan
7) Peringatan hari-hari besar
Islam
Ø Peningkatan Pelaksanaan
K.3 melalui :
1) Penataan peningkatan
pelaksanaan kebersihan di dalam dan sekitar luar kelas
2) Penataan peningkatan pelaksanaan
kebrsihan di sekitar halaman sekolah
3) Peningkatan pelaksanaan
kebersihan di ruang WC dan sekitarnya
4) Peningkatan pembiasaan
buang sampah pada tempatnya
5) Gerakan Sabtu Bersih
6) Lomba Kelas Terbersih
Ø Pemeliharaan sarana air
bersih
1) Pemeliharaan sumber air
bersih
2) Pemeliharaan dan ketepatan
penggunaan air bersih
3) Pemeliharaan kelancaran
pembuangan air
Ø Pengelolaan dan
pemberdayaan kegiatan rumah tangga sekolah
1) Pembayaran telepon
2) Pembayaran listrik
3) Pembayaran surat kabar dan
majalah
4) Penyusunan dan pemberdayaan
sebagai laporan
II.
PROGRAM KERJA TAHUNAN
1.
Rencana Kerja I
Sasaran 1 :
Warga sekolah berkewajiban meningkatkan kinerja sesuai tugas, fungsi dan
kewenangan masing-masing.
Program
Kerja :
1.
Penataan, pengadaan dan
pemeliharaan administrasi Sekolah
a.
Penataan, pengadaan dan pemeliharaan adiministrasi Kepala
Sekolah
Ø Diskusi (analisa dan
evaluasi) penentuan program sekolah tahunan
Ø Penyusunan program tahunan
Ø Pemeliharaan administrasi
sekolah
·
Kurikulum
·
Kemuridan
·
Ketenagaan
·
Keuangan
·
Sarana Prasarana
·
Hubungan dengan masyarakat
Ø Penggantian administrasi
sekolah
·
Kurikulum
·
Kemuridan
·
Ketenagaan
·
Keuangan
·
Sarana Prasarana
·
Hubungan dengan masyarakat
b. Penataan, pengadaan dan
pemeliharaan adiministrasi kelas
Ø Pendataan kebutuhan
administrasi kelas (melakukan rapat dan diskusi)
Ø Pembuatan administrasi
kelas
Ø Pemeliharan administrasi
kelas
Ø Pengadaan kelengkapan
administrasi kelas
Ø Pengadaan ATK
c. Penataan, pengadaan dan
pemeliharaan adiministrasi perputakaan Sekolah
Ø Pembenahan ruang
perpustakaan
Ø Pengadaan kelengkapan administrasi
perpustakaan
Ø Pemeliharaan buku-buku
perpustakaan
Ø Penggantian/ penambahan
buku-buku pendukung pembelajaran
Ø Pengadaan ATK
2.
Penataan dan pembenahan
strukturorganisasi kelembagaan sekolah
a. Penataan dan pembenahan
organisasi sekolah
Ø Diskusi penyusunan ulang
Organisasi kelembagaan sekolah dan garapannya
Ø Pemberian SK penugasan
mengajar dan aktivitas kerja lainya
Ø Pengadaan ATK
b. Penataan dan pembenahan
organisasi Komite Sekolah
Ø Rapat orang tua siswa dan
stakeholder pembaharuan pengurus komite
Ø Rapat penyusunan Program
Komite
Ø Pengadaan ATK untuk rumah
tangga Komite Sekolah
c. Penataandan pembenahan
organisasi kesiswaan
Ø Rapat guru untuk
menentukan Pembina kesiswaan
Ø Penyusunan program
kesiswaan
Ø Pengadaan ATK
d. Penataan dan pembenahan
hubungan kerja dengan intansi terkait
Ø Menyusun program kerja
sama dengan intansi terkait
Ø Mengadakan sosilaisasi dan
konsultasi antar intansi
e. Penataan dan pembenahan
hubungan kerja dengan intansi lain
Ø Menyusun program kerja
sama lintas intansi dalam dan luar kecamatan
Ø Sosialisaisi dan
konsultasi
3.
Pembenahan garapan kerja
warga sekolah
a. Pembenahan garapan kerja
bidang manjerial
Ø Rapat Penyusunan Rencana
Pengembangan Sekolah
Ø Rapat Tim Penyusunan
Rencana Pengembangan Sekolah
Ø Sosialisasi draf Rencana
Pengembangan Sekolah
Ø Rapat Penetapan Rencana
Pengembangan Sekolah
Ø Pengadaan ATK untuk
kepentingan di atas
b.
Pembenahan garapan kerja bidang akademik/kurikulum
Ø Rapat Penentuan Petugas
dan Penanggungjawab bidang akademik/pengembang kurikulum KTSP.
Ø Penyerahan SK Tim
Pengembang Kurikulum
c. Pembagian tugas bidang non
akademik/ekstrakulikuler
Ø Rapat penentuan dan
penanggungjawab program non akademik/ekstrakulikuler
Ø Penyerahan SK pembagian
tugas garapan non akademik/ekstrakulikuler
d. Penataan dan pembenahan
hubungan kerja dengan intansi terkait
Ø Menyusun program kerja
sama dengan intansi terkait
Ø Mengadakan sosilaisasi dan
konsultasi antar intansi
e. Penataan dan pembenahan
hubungan kerja dengan intansi lain
Ø Menyusun program kerja
sama lintas intansi dalam dan luar kecamatan
Ø Sosialisaisi dan
konsultasi
4.
Pembenahan pelaksnaan
disiplin sekolah
a. Penyusunan tata
tertib/disiplin warga sekolah
Ø Rapat penyusunan tata
tertib/disiplin warga sekolah
Ø Sosialisasi naskah tata
tertib/disiplin warga sekolah
b. Monitoring dan supervisi
pelaksanaan kerja
Ø Monitoring
pelaksanaandisiplin siswa
Ø Monitoring disiplin kerja
guru
Ø Pembinaan pelaksanaan
disiplin siswa pada upacara sekolah
Ø Pembinaan disiplin guru
pada rapat sekolah
c. Tindak lanjut hasil
monitoring dan supervise pelaksanaan kerja
Ø Pemberian Reward bagi siswa
yang disiplin tinggi
Ø Pemberian funishment bagi
siswa yang tidak berdisiplin
Ø Melaporkan guru yang
indisipliner kepada pihak yang berwenang
5.
Melaksanakan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan kegiatan kerja
a. Analisis pelaksanaan
program
Ø Rapat analisis/evaluasi
pelaksanaan program
Ø Pendataan/pemilahan
ketercapaian program
b. Penyusunan berbagai
laporan
Ø Pencetakan program yang
perlu dilaporkan
Ø Pencetakan program yang
perlu dilanjutkan
2.
Rencana Kerja II
Sasaran 2 :Peningkatan
kualitas pembelajaran baik akademik maupun non akademik
Program Kerja :
1.
Pengelolaan Pelaksanaan
Kurikulum
a.
Penyusunan dokumen kurikulum (KTSP)
Ø Rapat Tim
Penyusunan/Revisi KTSP dokumen I
Ø Pencetakan Hasil Revisi
Dokumen (KTSP)
b. Penyusunan Program
Pengajaran Tahunan dan Semester
Ø Analisa Kompetensi Dasar
Ø Penyusunan Program Tahunan
Ø Penyusunan Program
Semester
Ø Pencetakan Program Tahunan
dan Semester
c. Penyusunan Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
Ø Penyusunan Silabus
Ø Penyusunan Rencan
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Ø Penentuan Standar
Ketuntasan Belajar Minimal (SKBM)
d. Penyusunan Instrumen
Evaluasi Pembelajaran
Ø Penyusunan Program
Evaluasi
Ø Penyusunan Kisi-kisi
Ulangan Harian
Ø Penyusunan Kisi-kisi
Ulangan Tengah Semester
Ø Penyusunan Kisi-kisi
Ulangan Akhir Semester
Ø Penyusunan Kisi-kisi Ujian
Sekolah
Ø Pengadaan ATK
Ø Pencetakan kisi-kisi
e. Penyususnan Rencana Tinak
Lanjut Hasil Evaluasi Pembelajaran
Ø Analisis Hasil Evaluasi
Ø Penyususnan program tindak
lanjut
Ø Pengadministrasian hasil
tindak lanjut
2.
Pengelolaan Peningkatan
Kualitas Pembelajaran
a. Peningkatan ketepatan
pemanfaatan waktu pembelajaran
Ø Penyusunan jadwal
pelajaran
Ø Pemanfaatan waktu kegiatan
pembelajaran
b. Peningkatan kemampuan
pemahaman model pembelajaran
Ø Diskusi sekolah temntang
model pembelajaran
Ø Pemanfaatan ketepatan
penggunaan model pembelajaran
Ø Pengadaaan buku-buku yang
menyangkut model pembelajaran
Ø Pengadaan perangkat
menyangkut model pembelajaran
c. Peningkatan kemampuan
penggunaan berbagai metoda pembelajaran
Ø Diskusi sekolah tentang
metoda pembelajaran
Ø Ketepatan penggunaan
metoda pembelajaran
Ø Pengadaan buku-buku
tentang metoda pembelajaran
d. Peningkatan kemampuan
penggunaan alat peraga/media pembelajaran
Ø Diskusi sekolah tentang
penggunaan media/alat peraga
Ø Membuat alat peraga
sederhana (tiruan)
Ø Pengadaan buku-buku yang
menyangkut media pembelajaran
Ø Pengadaan media computer
Ø Pengadaam tive recorder
e. Peningkatan kemampuan
menggunakan berbagai teknik evaluasi
Ø Diskusi sekolah tentang
berbagai teknik evaluasi
Ø Ketepatan penggunaan
penilaian pada setiap pembelajaran
Ø Ketepatan penggunaan penilaian
pada setiap pembelajaran
Ø Pemanfaatan hasil analisis
penilaian
Ø Pengadaan kelengkapan
penilaian pembelajaran
3.
Pengelolaan Pelaksanaan
Evaluasi Pembelajaran
a. Keterlaksanaan Ulangan
Harian
Ø Pencetakan butir soal
Ø Penggandaan butir soal
Ø Analisis hasil evaluasi
Ø Pengadministrasian hasil
ulangan harian
b. Keterlaksanaan Ulangan
Tengah Semester
Ø Penyusunan jadwal ulangan
tengah semester
Ø Penysunan/pembagian
petugas pengawas ruangan
Ø Pencetakan butir soal
Ø Penggandaan butir soal
Ø Analisis hasil ulangan
tengah semester
Ø Pengadministrasian hasil
ulangan tengah semester
Ø Pelaporan hasil ulangan
tengah semester
c. Keterlaksanaan Ulangan
Akhir Semester/Ulangan Kenaikan Kelas
Ø Penyusunan jadwal ulangan
akhir semester
Ø Penysunan/pembagian
petugas pengawas ruangan
Ø Pencetakan butir soal
Ø Penggandaan butir soal
Ø Analisis hasil ulangan
akhir semester
Ø Pengadministrasian hasil
ulangan akhir semester
Ø Pelaporan hasil ulangan
akhir semester
d. Keterlaksanaan Ujian
Sekolah
Ø Penyusunan Tata
Tertib/Jadwal Ujian sekolah
Ø Penysunan/pembagian
petugas pengawas ruangan
Ø Pencetakan butir soal
Ø Penggandaan butir soal
Ø Analisis hasil Ujian
Sekolah
Ø Pengadministrasian hasil
Ujian Sekolah
Ø Pelaporan hasil Ujian
Sekolah
4.
Pengelolaan Pelaksanaan
Ekstrakurikuler
a. Keterlaksanaan Kegiatan
Ekstrakurikuler bidang Kepramukaan
Ø Melakukan kegiatan latihan
Pramuka
Ø Penyediaan perangkat
kegiatan latihan Pramuka
Ø Melakuakan perkemahan
Ø Penyediaan akomodasi
perkemahan
b. Keterlaksanaan Kegiatan
Ekstrakurikuler bidang Olahraga
Ø Melakukan kegiatan
ekstrakurikuler bidang Olahraga
Ø Penyediaan perangkat olahraga
Ø Melakukan uji coba dengan
sekolah terdekat dalam gugus
Ø Melakukan uji coba dengan
sekolah di luar gugus
Ø Mengikuti turnamen
olahraga di tingkat gugus, Kecamatan atau Kabupaten
c. Keterlaksanaan Kegiatan
Ekstrakurikuler Bidang Kesenian
Ø Melakukan latihan kesenian
Ø Pengadaan perangkat
latihan kesenian
Ø Mengikuti lomba kesenian
tingkat gugus, Kecamatan atau Kabupaten
d. Keterlaksanaan Kegiatan
Ekstrakurikuler Bidang Keagamaan
Ø Sosialisasi program
ekstrakurikuler bidang keagamaan
Ø Pendataan peserta kegiatan
berdasarkan minat dan bakat
Ø Pelaksanaan kegiatan
ekstrakurikuler keagamaan (tilawah)
Ø Mengikuti lomba tilawah
tingkat gugus, Kecamatan atau Kabupaten
5.
Pengelolaan Peningkatan
Kompetensi Guru
a. Peningkatan kompetensi
guru melalui kegiatan diskusi/rapat sekolah
Ø Penyusunan jadwal diskusi
sekolah
Ø Penyusunan Materi diskusi
b. Peningkatan kompetensi
guru melalui kegiatan KKG di Gugus
Ø Pengiriman Guru mengikuti
kegiatan di KKG
Ø Pengembangan materi hasil
kegiatan KKG
c. Peningkatan kompetensi
guru melalui kegiatan Penataran/Pelatihan
Ø Pengiriman Guru untuk
mengikuti pelatihan di tingkat kecamatan
Ø Pengiriman Guru untuk
mengikuti pelatihan di tingkat Kabupaten
Ø Pengiriman Guru untuk
mengikuti pelatihan di tingkat Profinsi
Ø Pengiriman Guru untuk
mengikuti pelatihan di tingkat pusat
Ø Pengembangan materi hasil
pelatihan
d. Peningkatan kompetensi
guru melalui kegiatan Seminar/Forum Ilmiah
Ø Pengiriman Guru untuk
mengikuti seminar di tingkat kecamatan
Ø Pengiriman Guru untuk
mengikuti kegiatan forum ilmiah
Ø Pengembangan materi hasil
seminar
e. Peningkatan kompetensi
guru melalui kegiatan Study Banding
Ø Penyusunan jadwal dan
materi study banding
Ø Pelaksanaan study banding
Ø Pengembangan hasil study
banding
6.
Pengadaan dan Pemeliharaan
Sarana Prasarana Pembelajaran
a. Pengadaan buku sumber
belajar pegangan guru
Ø Pengadaan buku sumber
belajar pegangan guru kelas (kelas 1 s.d kelas VI)
Ø Pengadaan buku sumber
belajar pegangan guru mata pelajaran (PAI, Olahraga, SBK dan Mulok )
b. Pengadaan buku sumber
belajar untuk siswa
Ø Pengadaan buku sumber
belajar siswa untuk tiap kelas
Ø Pengadaan buku sumber
khusus mulok )
c. Pengadaan alat peraga
pembelajaran
Ø Pengadaan alat peraga
pembelajaran untum semua mata pelajaran dan
tiap kelas
Ø Perbaikan alat peraga yang
rusak
Ø Pembuatan alat peraga
sederhana
d. Pengadaan sarana prasarana
kegiatan ekstrakurikuler
Ø Pengadaan perangkat
kegiatan ekstrakurikuler bidang olahraga
Ø Pengadaan perangkat
kegiatan ekstrakurikuler bidang kesenian
Ø Pengadaan perangkat
kegiatan ekstrakurikuler bidang
keagamaan
3.
Rencana Kerja III
Sasaran 3 :
Peningkatan kualitas penataan lingkungan sekolah untuk mewujudkan lingkungan
sebagai komunitas pembelajaran
Program Kerja :
1.
Peningkatan penataan dan
pemeliharaan taman/kebun dan sanitasi sebagai sumber belajar
a.
PenataanTaman sekolah
Ø Penataan taman
agar tercipta pembelajara yang nyaman
Ø Penanaman tumbuhan hias
(bunga-bungaan)
Ø Pemberian nama untuk tiap
jenis tanaman
b.
Pemasangan
greveel
Ø Pemasangan greveel agar saluran air lancar
sehingga halaman tidak banjir dimusim
hujan dan upacara tidak tergangu
Ø Pelaburan pagar
Ø Pemasangan
tempat cuci
2.
Peningkatan
Pemafaatanbulletin/papan berita
a. Pengadaan, perbaikan papan
berita
Ø Pembuatan papan bulletin
Ø Pengecatan/pelaburan
Ø Pemasangan Koran atau
majalah
b. Penambahan langganan
Koran/majalah sebagai bahan bacaan
Ø Penambahan langganan Koran
Ø Penambahan langganan
majalah
3.
Peningkatan pemeliharaan
gedung sekolah
a. Pelaburan diding sekolah
Ø Pengadaan bahan untuk
pelaburan
Ø Pengerjaan pelaburan
b. Perbaikan ringan atap yang
rusak
Ø Pengadaan bahan untuk
perbaikan ringan atap
Ø Pengerjaan perbaikan
ringan atap
c. Perbaikan ringan kusen
jendela dan pintu
Ø Pengadaan bahan untuk
perbaikan kusen
Ø Pengerjaan perbaikan kusen
Ø Pengadaan kelengkapan
kusen
d. Perbaikan meja dan kursi
belajar siswa
Ø Pengadaan bahan untuk
perbaikan meja dan kursi belajar
Ø Pengadaan kelengkapan
untuk perbaikan meja dan kursi belajar
Ø Pengerjaan perbaikan kursi
dan meja belajar
e. Perbaikan alat/sarana
lainnya
Ø Pengadaan bahan untuk
(perbaikan sarana lainnya sesuai kebutuhan)
Ø Pengerjaan perbaikan
(sesuai dengan yang diperbaiki)
4.
Peningkatan pemeliharaan
dan pemberdayaan lingkungan sekolah
a. Pemeliharan kebun sekolah
Ø Pengadaan bahan untuk
perbaikan dan perawatan kebun
Ø Penanaman tumbuhan baru
Ø Pemupukan tanaman lama
Ø Pemugaran pagar
Ø Pelaburan pagar
b. Pemeliharaan tempat
ibadah/Mushola
Ø Pengadaan bahan untuk
pemeliharan dan perbaikan tempat ibadah/mushola
Ø Pengerjaan pemeliharaan
dan perbaikan mushola
c. Pemeliharaan sarana air
bersih
Ø Pengadaan bahan
untukpemeliharaan dan perbaikan iar bersih
Ø Pengerjaan pemeliharaan
air bersih
Ø Pemeliharaan pembuangan
limbah air bersih
d. Pemeliharaan ruang
perpustakaan
Ø Pengadaan bahan untuk
perbaikan dan pemeliharan ruang perpustakaan
Ø Pengerjaan pemeliharaan
dan perbaikan ruang perpustakaan
e. Pemberdayaan perpustakaan
Ø Melengkapi buku-buku
perpustakaan
Ø Penjadwalan membaca buku
perpustakaan
Ø Pemberian reward bagi
siswa yang sering membaca buku perpustakaan
Ø Penyelenggaraan lomba synopsis
4.
Rencana Kerja IV
Sasaran 4 :
peningkatan berbudaya islami dan bermasyarakat
Program Kerja :
1.
Peningkatan pelaksanaan
Ketaqwaan dan Keimanan Kepada allah SWT
a.
Keterlaksanaan silaturahmi melalui 5S (senyum, salam, sapa,
sopan dan santun )
Ø Sosialisasi program
silaturahmi melalui 5 S
Ø Pembiasaan bersilaturahmi
melalui 5 S
b. Sembahyang bersama
Ø Penjadwalan sembahyang
berjamaah
Ø Pengadaansaran untuk
sembahyang bersama
c. Tadarus pagi melalui baca
satu ayat dari Al-Qur’an
Ø Penjadwalan tadarus pagi
baca satu ayat dari Al-Qur’an
Ø Pengadaan A-Qur’an
d. Berbusana Muslim/Muslimah
pada hari Jum’at
Ø Sosialisasi program
berbusana muslim /muslimah
Ø Lomba berbusana
muslim/muslimah
Ø Pemberian reward bagi
pembusana muslim /muslimah terbaik
e. Pesantren Kilat pada Bulan
Ramadhan
Ø Sosialisasi program
pesantren kilat
Ø Monitoring da evaluasi
program pesantren kilat
Ø Pelaporan kegiatan
pesantren kilat
f.
Peringatan hari-hari besar Islam
Ø pendataan dan penjadwalan
hari besar Islam
Ø sosialisasi program
kegiatan memperingati hari besar Islam
Ø penyelenggaraan peringatan
hari besar Islam
2.
Peningkatan Pelaksanaan
K.3
a. Penataan peningkatan
pelaksanaan kebersihan di dalam dan sekitar luar kelas
Ø Pengadaan sarana
kebersihan di dalam/di luar kelas
Ø Penjadwalan pelaksanaan
kebersihan
Ø Mengadakan lomba
kebersihan kelas
Ø Pemberian reward bagi kelas
terbersih
b. Penataan peningkatan
kebersihan di sekitar halaman sekolah
Ø Pengadaan sarana
kebersihan di sekitar halaman sekolah
Ø Pengerjaan penataan
halaman sekolah
c. Peningkatan pelaksanaan
kebersihan di ruang WC dan sekitarnya
Ø Pengadaan sarana
kebersihan di ruang WC
Ø Pembiasaan menjaga
kebersihan di ruang WC
d. Peningkatan pembiasaan
buang sampah pada tempatnya
Ø Pengadaan tempat sampah
untuk tiap kelas
Ø Pembiasaan buang sampah
pada tempatnya
e. Gerakan Sabtu Bersih
Ø Sosialisasi program Sabtu
Bersih
Ø Pembiasaan melakukan
gerakan kebersihan pada setiap hari Sabtu
Ø Penambahan langganan
majalah
3.
Pengelolaan dan
pemberdayaan kegiatan rumah tangga sekolah
a. Pemberdayaan penggunaan
telepon
Ø Pengaturan penggunaan
telepon
Ø Pembayaraan biaya
penggunaan telepon
b. Pemberdayaan penggunaan
listrik
Ø Pengaturan penggunaan
listrik
Ø Pembayaran biaya
penggunaan listrik
c. Pemberdayaan surat kabar
dan majalah
Ø Pemanfaatan surat kabar
dan majalah pendidikan.
Ø Pembayaran biaya
berlangganan Koran dan majalah pendidikan
d. Penyusunan dan
pemberdayaan berbagai laboratorium
Ø Perintisan pendirian
laboratorium (sesuai kebutuhan )
Ø Pengadaan sarana
laboratorium
BAB IV
ALOKASI ANGGARAN SEKOLAH
I.
ALOKASI PROGRAM
Pendanaan tiap program
diambil dari jumlah penerimaan uang bantuan, baik dari pemerintah (BOS) maupun
dari Stake Holder, sesuai dengan prosentase kebutuhan/prioritas.
1.
Program Strategis
Sebagaimana dijelaskan
pada bagian terdahulu bahwa program strategis merupakan bentuk kegiatan dengan
berbagai teknik dan pola pendekatan dalam pelaksanaan pengembangan sekolah yang harus bias dicapai selama kurun waktu 4
tahun.
Adapun program strategis yang
menjadi dasar dalam pengalokasian dana, sesuai dengan rincian program di atas
adalah :
a.
Warga sekolah berkewajiban meningkatkan kinerja sesuai tugas,
fungsi dan kewenangan masing-masing.
b.
Peningkatan kualitas pembelajaran baik akademik maupun non
akademik
c.
Peningkatan kualitas penataan lingkungan sekolah untuk
mewujudkan lingkungan sebagai komunitas
pembelajaran
d.
Peningkatan budaya berbusana Islami dan bermasyarakat
2.
Rasio Prioritas Program
Untuk memudahkan
pengalokasian anggaran perlu membuat skala prioritas sesuai dengan rincian
program yang telah dipaparkan di atas, juga dilandasi kebutuhan dan manfaat
untuk ketercapaian tujuan pengembangan sekolah. Adapun yang dijadikan acuan
untuk menentukan prioritas ini selain melalui analisis swot fungsi dan factor tersebut
di atas, juga melalui analisis USG (Urgency
; berdasarkan tingkatkepentingan program seperti terlihat dibawah ini, Seriosness ; berdasarkan kondisi secara
realita mendesak atau sangat gawat, dan Growth
; berdasarkan dampak dari program itu bila dilaksankanterhadap tujuanyang ingin
di capai . bobot tiap komponen melalui rentang 1 sampai 5
Variabel
MISI
|
URGENCY
(penting)
|
SERIOUSNESS
(Darurat/Gawat)
|
GROWTH
(Dampak)
|
JUMLAH
|
RANKING
%
|
Warga sekolah
berkewajiban meningkatkan kinerja sesuai tugas, fungsi dan kewenangan
masing-masing
|
5
|
4
|
5
|
14
|
Kedua
(28 % )
|
Peningkatan
kualitas pembelajaran baik akademik maupun non akademik
|
5
|
5
|
5
|
15
|
Pertama
( 30 % )
|
Peningkatan
kualita penataan lingkungan sekolah untuk mewujudkan lingkungan sebagai komunitas
pembelajaran
|
5
|
3
|
4
|
12
|
Ketiga
( 24 % )
|
Peningkatan
budaya bernuansa Islami dan bermasyarakat
|
5
|
2
|
2
|
9
|
Keempat
( 18 % )
|
JUMLAH
|
50
|
100 %
|
Pengolahan menggunakan
rumus sebagai berikut :
v Rn =
Prosentase untuk tiap Misi
v R = Anggaran keseluruhan berdasarkan banyak siswa
v P = Skor Prioritas
v N =
Total Skor keseluruhan ( 15 X 4 ) = 60
v Rn
|
=
|
P
|
X R
|
N
|
Berdasarkan
rasio prioritas anggaran di atas, maka pengalokasian anggaran untuk setiap
program strategis sebagai berikut :
No
|
Program
|
Bobot
Program
%
|
Jumlah
Siswa
|
Anggaran
tiap siswa per tahun
(Rp)
|
Pengalokasian
Anggaran
|
Total
anggaran tiap Program
|
Keterangan
|
1.
|
Warga sekolah berkewajiban meningkatkan kinerja sesuai tugas, fungsi
dan kewenangan masing-masing
|
28 %
|
m
|
N
|
28 % X Rp. ( m x n )
|
33,600,000
|
Sumber Dana dari BOS regular, dengan jumlah siswa (m), maka
total pendanaan tiap tahun Rp. n
|
2.
|
Peningkatan kualitas pembelajaran baik akademik maupun non akademik
|
(
30 % )
|
m
|
N
|
30
% X Rp. ( m x n )
|
36.000.000
|
|
3.
|
Peningkatan kualita penataan lingkungan sekolah untuk mewujudkan
lingkungan sebagai komunitas pembelajaran
|
(
24 % )
|
m
|
N
|
24
% X Rp. ( m x n )
|
28.800.000
|
|
4.
|
Peningkatan budaya bernuansa Islami dan bermasyarakat
|
(
18 % )
|
m
|
N
|
18
% X Rp. ( m x n )
|
21.600.000
|
|
JUMLAH
|
100 %
|
m
|
N
|
100
% X Rp. ( m x n )
|
120.000.000
|
|
BAB V
PENUTUP
Program pengembangan sekolah ini yang pada umumnya disebut rencana
strategis atau disebut juga program empat tahunan lebih lanjut perlu
dikembangkan dan dijabarkan secara oprasional dalam program tahunan sesuai
dengan rincian program biasa.
Dengan tersusunnya rencana pengembangan sekolah ini berbagai program
utama yang dikembangkan Sekola Dasar Negeri 1 Margacinta mampu mempercepat tujuan
pendidikan yang telah diuraikan secara terperinci, dan secara oprasional dalam
pengelolaan pendidikan dapat berlangsung sesuai amanat subtantif dari Visi dan
Misi, yang pada
hakikatnya sebagai pedoman untuk mencapai tujuan Pendidikan Nasional.
RENCANA PENGEMBANGAN SEKOLAH (R P S )
Nama Sekolah :
Sekolah Dasar Negeri 1 Margacinta
Alamat
: Jalan Raya Cijulang No. 52 Desa MargacintaKecamatan
CijulangKabupaten Pangandaran
Telah diteliti dan disahkan
penggunaannya untuk tahun 2017 – 2020
Cijulang ,Maret 2017
Ketua Komite Kepala Sekolah
ABAS ROSADI R.Memet Mochamad Gandjar.S.Pd. M.Pd.
NIP. 196102041982041007
Mengetahui
Kepala
UPT Disdikpora Kec. Cijulang
YOYO HERYADI, S.Pd
NIP. 196111251982041003
0 komentar:
Post a Comment