Saturday 17 September 2016

Sebagai seorang anggota Pramuka, haruslah cepat tanggap dan siap pada setiap situasi. Baik itu situasi tenang maupun genting.
Suatu keharusan bagi seorang anggota Gerakan Pramuka harus memiliki pengetahuan tentang P3K ( Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan ). Karena ketika perjalanan maupun pelaksanaan Pramuka bisa saja hal yang tidak terduga terjadi. Seperti pingsan karena kelelahan, luka gores, patah tulang dan kecelakaan lainnya.
Pada beberapa kesempatan yang lalu, dalam kegiatan latihan Pramuka untuk Lomba Tingkat II Kwaran Cijulang, Pangkalan SDN 2 Margacinta adakan latihan mengenai teknik penyelamatan.

Yang lebih diutamakan pada kegiatan ini adalah penyelamatan pada korban tenggelam. Hal ini bisa saja dialami oleh para anggota  Pramuka. Dan jika mereka berada pada tempat kejadian tenggelamnya seseorang, maka mereka setidaknya berkontribusi guna memberikan penyelamatan. Dan hal tersebut sejalan dengan kiasan pada Lambang Gerakan Pramuka ( Tunas Kelapa ) Bahwa nyiur dapat tumbuh dimana saja, dalam situasi apapun dan serbaguna. Dalam artian seorang anggota haruslah dapat menyesuaikan diri dan berguna bagi semua dalam situasis apapun.

Pemberian materi penyelamatan ini menjadi lebih penting bahwa daerah pangandaran menjadi daerah tujuan wisata. Dan  kebanyakan Objek/ Destinasi di Pangandaran adalah wahana atau wisata yang berhubungan dengan air.

0 komentar:

Post a Comment