Sunday 6 August 2017

Bertempat di Tourist Information Centre (TIC) Desa wisata Margacinta, KKN RM Universitas Padjajaran (unpad) Desa Margacinta tahun 2017 adakan lomba Melukis tempat sampah antar  siswa Sekolah Dasar (SD) se-Desa Margacinta. Kegiatan yang diprakarsai oleh Mahasiswa asal kota Banndung ini lebih menitik beratkan kepada siswa-siswi kelas 4-6 SD untuk pesertanya karena dalam usia tersebut sudah memiliki ide-ide dan gagasan yang perlu di apresiasikan baik itu dalam coretan ataupun tindakan.
Memiliki tema “Mewujudkan Masyarakat Bersih Melalui Gerakan Indonesia Tertib & Mandiri di Desa Margacinta” Ketua Koordinator KKN RM Unpad NISWAR mengharapkan dengan terselenggranya kegiatan Lomba melukis tempat sampah ini dapat menjadi pemicu  masyarakat Desa Margacinta betapa pentingnya menjaga kebersihan terutama dalam  hal membuang sampah pada tempatnya sejak dini.
Menurut Faisal salah satu Mahasiswa KKN RM Unpad  lainya juga menjelaskan pada para peserta lomba bahwa  sebagai warga negara yang baik, kita mampu saling menjaga. Bukan hanya menjaga diri sendiri, namun juga mampu menjaga lingkunga dan alam disekitar kita.
Selain itu jika dilihat d ari segi pariwisata, Desa margacinta yang kini menjadi Desa Wisata sangatlah harus menjaga yang namanya Kebersihan. Karena Kebersihan sendiri sudah tertuang dalam “SAPTA PESONA WISATA”. “SAPTA PESONA WISATA” ini adalah aturan atau norma yang wajib ada dan diperhatikan di setiap Objek  Daerah Tujuan Wisata (ODTW).
Adapun kegiatan lomba menggambar tempat sampah KKN RM Universitas padjajar di desa Margacinta memiliki ketentuan lomba, dinatarnya:
  1. Tema Lukisan “Cinta Lingkungan”
  2. 1 kelompok terdiri dari 2 orang
  3. Menggunakan tanda peserta yang diberikan saat pendaftaran
  4. Peserta diberi wakktu maksimal 150 menit
  5. Pembimbing hanya mendampingi siswa bukan mencampuri kreatiftas peserta
  6. Gambar tidak boleh mengandung unsur pornografi dan SARA
Ketentuan Penilaian Lomba:
  1. Kesesuaian warna
  2. Warna dan bentuk
  3. Kerapian
  4. Kebersihan
Nominasi pemenang:
  1. Juara I
  2. Juara II
  3. Juara III
  4. Juara harapan I
  5. Juara harapan III
  6. Juara harapan III
Tim Penilai (Juri)
  • Mahasiswa KKNM Universitas Padjajaran (Unpad) Desa Margacinta

Sumber: http://sdn2margacinta.sch.id/kknm-universitas-padjajaran-unpad-desa-margacinta-adakan-lomba-melukis-tempat-sampah/

0 komentar:

Post a Comment