Thursday 16 November 2017



Mungkin tak banyak yang tahu tanggal 12 November itu peringatan hari apa
Jika dilihat dalam bidang kesehatan tanggal 12 November sendiri adalah hari Kesehatan nasional, akan tetapi dalam dunia pendidikan tanggal 12 November adalah Hari “GERAKAN NASIONAL MEMBACA”.
Tahun 2017  adalah kali pertamanya SDN 2 Margacinta mengadakan peringatan Hari Gerakan nasional Membaca ini.
Pada peringatan Hari GERAKAN NASIONAL MEMBACA tahun 2017 ini SDN 2 Margacinta melaksanakan kegiatan di dua tempat, yakni:
1.     Gedung Serbaguna Desa Margacinta
2.     Tourism Information Centre (TIC) Desa Margacinta/ TAMAN SAGATI MARGACINTA

Karena sumber pendanaan  adalah swadaya (uang pribadi) jadi kegiatan hanya diselenggrakan secara sederhana dengan tanpa meninggalkan poin-poin penting peringatan Hari GERAKAN NASIONAL MEMBACA.

Pada penyelenggraan perdana tahun ini SDN 2 Margacinta mengusung  tema “Everywhere You Can Read” (Dimanapun kamu bisa membaca).
Hari GERAKAN NASIONAL MEMBACA ini juga diisi dengan beberapa acara/materi yang pada initinya mengajak para siswa untuk gemar membaca terutama diwaktu luang.  Serta dengan berbagai game mendidik yang dibawakan oleh Gita Osshylia Ismayanti, S.I.Pust dari Mapusta Kabupaten Pangandaran kegiatan ini semakin meriah.
Diakhir peringatan, ada sesi dimana para siswa diajak berjalan-jalan ke Tourism Information Centre (TIC) Desa Margacinta bukan untuk berekreasi, namun untuk membaca.

Kenapa harus di TIC Desa Margacinta?
Sesuai dengan tema yang diusung, bahwa kita dapat membaca dimana saja dan bukan hanya diperpustakaan dan sekolah saja.

Di TIC mereka diberikan waktu untuk membaca buku yang sebelumnya dipinjam dari Perpustakaan Sekolah. Kemudian mereka diberikan tugas untuk menceritakan kembali isi bacaan yang mereka baca.
Alangkah lebih baik waktu senggang dan luang kita digunakan dengan sesuatu yang berguna, tutur Gita Okshylia Ismayanti, S.I.Pust

Gita Okshylia Ismayanti, S.I.Pust  juga memberikan penjelasan bagaimana cara membaca cepat dan tepat.
Dalam cara ini juga para siswa diajak untuk berkeliling dunia dengan mengahapal dan melafalkan bahasa-bahasa asing. Seperti bahasa Inggris, bahasa Thailand, Bahasa Korea, bahasa Jepang dan bahasa Arab.
Peserta hari GERAKAN NASIONAL MEMBACA sendiri adalah siswa-siswi Kelas 4 – 6 SDN 2 Margacinta.

0 komentar:

Post a Comment