PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS)
SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2022/2023
TINGKAT SEKOLAH DASAR
Tema 5 : Ekosistem
Kelas : V (Lima)
Hari/Tanggal : Jum’at, 9 Desember 2022
Waktu : 90 Menit
No |
Nama Siswa |
|
|
Mata Pelajaran |
KD |
Nomor soal |
Nilai |
Paraf |
|
PG |
Essay |
||||
PPKn |
3.4 |
1-10 |
1-5 |
|
|
Bahasa Indonesia |
3.7 |
11-20 |
6-10 |
|
|
IPA |
3.5 |
21-30 |
11-15 |
|
|
I. Pilihlah salah satu jawaban soal berikut dengan tepat!
1. Organisasi pergerakan nasional yang pertama di Indonesia adalah ....
A. Tiga Serangkai C. Budi Utomo
B. Tri Koro Darmo D. Jong Java
2. Dengan adanya peristiwa Sumpah Pemuda dapat meningkatkan ….
A. Keprihatinan B. persatuan C. kekayaan D. kebencian
3. Kami putra dan putri indonesia, menjunjung bahasa ... bahasa Indonesia. Bagian yang hilang dari teks bersejarah di atas adalah ....
A. daerah B. persatuan C. nasional D. satu
4. Berikut sikap yang dapat merusak persatuan dan kesatuan bangsa adalah ....
A. ikut serta dalam kegiatan kerja bakti
B. mencintai budaya milik sendiri
C. menjunjung tinggi norma-norma persatuan bangsa
D. melanggar peraturan yang dibuat pemerintah
5. Membina persatuan dan kesatuan sangat penting bagi Indonesia karena ….
A. Indonesia adalah negara yang besar
B. Indonesia merupakan negara kepulauan yang terdiri atas berbagai macam suku, ras, dan agama
C. wilayah terbesar di Asia Tenggara
D. negara yang belum lama merdeka
6. Kesadaran akan pentingnya persatuan, kesatuan, dan keutuhan bangsa Indonesia terdapat pada ....
A. Sumpah Pemuda, semboyan Bhinneka Tung- gal Ika, dan Wawasan Nusantara
B. Sumpah Pemuda, semboyan Bhinneka Tung- gal Ika, dan Pancasila sila pertama
C. semboyan Bhinneka Tunggal Ika, Wawasan Nusantara, dan agama tertentu
D. UUD NRI Tahun 1945
7. Contoh sikap yang menjaga persatuan dan kesatuan di sekolah adalah ....
A. Berkelahi C. tidak membeda-bedakan teman
B. mengejek teman yang berbeda suku D. ribut di kelas
8. Gotong royong sebagai kebudayaan bangsa Indonesia mengandung manfaat untuk ….
A. meringankan beban orang di sekitarnya
B. mewujudkan keselamatan dan kesejahteraan
C. mewujudkan masyarakat yang lebih maju
D. meningkatkan taraf hidup setiap warganya
9. Sikap berikut yang menunjukkan persatuan dan kesatuan dalam kehidupan sosial budaya adalah ….
A. menghargai pendapat orang lain jika mengun- tungkan dirinya
B. memberi bantuan kepada korban bencana dari daerahnya saja
C. bekerja sama dengan semua warga meskipun berbeda suku
D. tidak turut serta dalam merawat fasilitas umum
10. Persatuan Indonesia menjadi salah satu dasar negara yang tercantum dalam Pancasila, yaitu sila ….
A. Satu B. dua C. tiga d. Empat
Perhatikan bacaan berikut untuk menjawab soal nomor 11-12.
Letak geografis merupakan letak suatu daerah atau negara dilihat dari kenyataan di permukaan bumi. Letak geografis sebuah daerah atau negara diba- tasi oleh letak geografis daerah atau negara lain yang berbatasan. Indonesia terletak di antara dua benua, yaitu Benua Asia dan Benua Australia. Demikian juga Indonesia terletak di antara dua samudra, yaitu Samu- dra Pasifik dan Samudra Hindia. Indonesia berbatasan langsung dengan beberapa negara seperti Malaysia, Singapura, Filipina, Vietnam, Papua Nugini, dan Aus- tralia. Letak geografis Indonesia dianggap strategis karena menjadi tempat persilangan antara dua benua dan dua samudra.
11. Pikiran utama paragraf pertama terletak dikalimat ....
A. Pertama B. Kedua C. Ketiga D. Keempat
12. Indonesia terletak di antara dua benua, yaitu ....
A. Amerika dan Afrika C. Eropa dan Australia
B. Asia dan Australia D. Asia dan Amerika
13. Salma tinggal di sebuah desa yang desa tersebut terletak di pulau yang paling padat penduduknya. Pulau tersebut adalah ….
A. Bali B. Sumatra C. Kalimantan D. Jawa
Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 14-15.
Elang jawa merupakan salah satu satwa yang ter- ancam punah. Populasi elang jawa di alam bebas di- perkirakan tinggal 600 ekor. Badan Konservasi Dunia Perserikatan Bangsa-Bangsa mengategorikannya teran- cam punah. Konvensi Perdagangan Internasional un- tuk Flora dan Fauna yang Terancam Punah memasuk- kannya dalam Apendiks 1. Tindakan tersebut berarti perdagang-an elang jawa diatur ekstra ketat. Berdasar- kan kriteria keterancaman terbaru dari International Union for Conservation of Nature Resources (IUCN), elang jawa dimasukkan dalam kategori endangered atau
14. Kalimat tanya yang sesuai dengan isi paragraf di atas adalah ....
A. Bagaimana cara membeli elang jawa yang aman di Indonesia?
B. Kapan elang jawa dikategorikan sebagai sat- wa yang terancam punah?
C. Mengapa elang jawa diperdagangkan dalam Konvensi Perdagangan Internasional?
D. Berapa jumlah populasi elang jawa di alam bebas?
15. Hewan yang terancam punah adalah ....
A. Elang jawa C. Komodo
B. Cendrawasih D. Gajah
16. Teks yang dibuat berdasarkan fakta, realita, atau hal-hal yang benar-benar dan terjadi dalam kehidupan kita sehari-hari disebut teks ....
A. fiksi B. naratif C. nonfiksi D. Deskriptif
Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 17-18.
Hingga kini, masyarakat Bali dapat hidup rukun dan damai dengan masyarakat lain yang berbeda ke- hidupan sosial dan budayanya. Pada setiap perayaan adat dan keagamaan di Bali, masyarakat yang tidak beragama Hindu ikut menjaga agar perayaan dapat berlangsung aman dan damai. Demikian halnya ketika umat Islam atau Kristen menjalankan ibadahnya, salat Jumat atau tarawih dan kebaktian Minggu, masyarakat Hindu di Bali ikut menjaga tempat-tempat ibadah, se- perti masjid dan gereja.
17. Gagasan pokok paragraf tersebut adalah ....
A. Masyarakat Bali hidup rukun dan damai dengan masyarakat yang berbeda kehidupan sosial dan budayanya.
B. Masyarakat saling menjaga pada setiap pera- yaan adat dan keagamaan di Bali.
C. Masyarakat Hindu menjaga tempat-tempat ibadah umat Islam dan Kristen.
D. Perayaan di Bali berlangsung aman dan da-
18. Bacaan tersebut bercerita tentang masyarakat ....
A. Jawa barat B. Madura C. Bali D. Medan
Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 19-20.
Rantai makanan sebagai bagian jaring-jaring makanan pada sebuah ekosistem tidak akan terputus selama semua bagian dari rantai tersebut tetap ber- peran. Rantai makanan di sawah akan terus terbentuk selama makhluk hidup penyusunnya ada. Jika salah satu dari penyusun rantai makanan tersebut tidak ada, karena berbagai faktor, susun rantai makanan lain akan terganggu. Jika tidak ada padi, tikus sawah akan kelaparan, ular sawah pun demikian, sehingga burung elang pun kesulitan mendapatkan makanan. Rantai makanan itu akan terganggu dan merugikan apabila ular sawah yang seharusnya memangsa tikus sawah ternyata memangsa hewan lain, misal anak ayam yang dipelihara manusia.
19. Kalimat tanya yang tepat untuk jawaban pada ka- limat keempat adalah ....
A. Mengapa ular sawah memakan anak ayam?
B. Apa akibatnya jika tidak ada padi?
C. Mengapa elang mudah mencari makanan?
D. Apa yang dilakukan tikus?
20. Arti kata yang bercetak miring dan tebal pada paragraph diatas adalah ....
A. Memakan C. menghabisi
B. Mencari D. berburu
21. Contoh hewan yang termasuk kategori herbivora adalah ....
A. kambing, zebra, dan harimau C. kucing, zebra, dan kelinci
B. kambing, zebra, dan kelinci D. singa, zebra, dan kelinci
22. proses perubahan bentuk pada hewan disebut ….
A. Simbiosis C. metamorphosis
B. Fotosintesis D. scoliosis
23. Suatu lingkungan terdiri atas komponen biotik dan abiotik. Berikut yang tergolong kedalam kelompok biotik adalah ….
A. Air B. udara C. pohon pisang D. tanah
24. Hubungan yang erat antara dua makhluk hidup yang berbeda disebut ....
A. komunitas B. ekosistem C. Simbiosis D. populasi
25. Hubungan simbiosis parasitisme dapat kita lihat pada contoh ....
A. bunga dengan kupu-kupu C. burung jalak dengan kerbau
B. ikan hiu dengan remora D. bunga bangkai dengan tumbuhan inangnya
26. Perhatikan jenis makhluk hidup berikut
(1) Ular
(2) Bakteri
(3) Burung elang
(4) Tikus
(5) Padi
Bila membentuk suatu rantai makanan, maka urutan yang benar adalah ....
A. (5) - (4) - (1) - (3) -(2) C. (5) - (3) - (4) - (2) - (1)
B. (5) - (4) - (3) - (2) - (1) D. (5) - (3) - (2) - (1) - (4)
27. Gabungan dari rantai-rantai makanan yang tumpeng tindih dalam ekosistem dan saling berhubungan disebut ….
A. Populasi C. jarring-jaring makanan
B. Endemic D. kultur jaringan
28. Dalam rantai makanan, tumbuhan biasanya bertindak sebagai ….
A. Produsen B. konsumen I C. konsumen II D. pengurai
29. Dampak penangkapan ikan menggunakan bahan peledak adalah ….
A. Ikan menjadi tidak enak rasanya
B. Harga ikan menjadi mahal
C. Populasi ikan terancam punah
D. Berbagai macam ikan tidak disukai pembeli
30. Kegiatan manusia yang dapat mengganggu keseimbangan ekosistem adalah ….
A. Melakukan tebang pilih
B. Membuah sampah sembarangan
C. Melakukan penghijauan
D. Membakar sampah an-organik
II. Jawablah pertanyaan berikut dengan baik dan benar!
1. Apa yang dimaksud dengan sikap gotong royong? Sebutkan beberapa manfaat dari kegiatan gotong royong!
2. Tuliskan isi sumpah pemuda!
3. Tuliskan contoh perilaku yang mencerminkan gotong royong di sekolah!
4. Jika ada temanmu yang berbeda keyakinan hendak melakukan ibadah, apa yang akan kamu lakukan?
5. Apakah perlu semangat sumpah pemuda dilanjutkan? Kenapa?
Kebun Binatang Gembira Loka Kebun Binatang Gembira Loka terletak di Yogyakarta. Perjalanan dari Solo menuju Kebun Binatang Gembira Loka dapat ditempuh selama dua jam. Kebun binatang ini adalah salah satu tempat wisata yang banyak digemari. Di kebun binatang, pengunjung dapat melihat beraneka ragam binatang. Baik binatang buas, binatang bertubuh besar maupun kecil. Semua binatang tersebut dirawat dengan baik. Diperhatikan kesehatan dan makanannya. Binatang-binatang ditempatkan sesuai dengan lingkungan hidupnya. Binatang yang hidup di air seperti buaya dan kuda nil ditempatkan di kolam-kolam besar. Binatang buas dibuatkan kandang yang kuat. Burung dibuatkan tempat khusus, berupa sangkarsangkar yang luas. Semua itu memudahkan pengunjung untuk melihat secara dekat perilaku binatang tanpa takut diterkam.
6. Buatlah ringkasan dari bacaan di atas !
7. Apakah yang dimaksud pikiran pokok pada suatu paragraph?
8. Apa perbedaan paragraph deduktif dan induktif?
9. Tuliskan contoh cerita fiksi!
Bacalah
tulisan dibawah ini!
Energi mengalir dari satu makhluk hidup ke makhluk hidup lain di dalam rantai
makanan. Konsumen memakan produsen. Produsen melepas energi kepada konsumen.
Konsumen itu lalu menjadi mangsa konsumen yang lain. Mangsa adalah semua hewan
yang diburu untuk dimakan oleh hewan lain. Dengan demikian, mangsa akan melepas
energinya kepada pemangsa. Pemangsa adalah konsumen yang berburu makanan. Jadi,
energi dialirkan dari produsen kepada konsumen di dalam rantai makanan.
10. Buatlah pertanyaan yang jawabannya terdapat dalam bacaan tersebut!
11. Apa itu hewan karnovopra, herbivora?
Berikan contoh hewannya!
12. Tuliskan hewan-hewan yang mengalami metamorphosis sempurna!
13. Apa itu simbiosis mutualisme?
... |
Produsen |
... |
Konsumen I |
... |
Konsumen II |
... |
Konsumen III |
... |
|
14. Buatlah sebuah rantai makanan!
15. Apa yang akan terjadi jika elang punah?
KUNCI JAWABAN
PILIHAN GANDA
1 |
C |
11 |
B |
21 |
B |
2 |
B |
12 |
B |
22 |
C |
3 |
B |
13 |
D |
23 |
C |
4 |
D |
14 |
D |
24 |
C |
5 |
B |
15 |
A |
25 |
D |
6 |
A |
16 |
A |
26 |
A |
7 |
C |
17 |
A |
27 |
C |
8 |
A |
18 |
C |
28 |
A |
9 |
C |
19 |
B |
29 |
C |
10 |
C |
20 |
A |
30 |
B |
ISIAN
1. gotong royong adalah bekerja bersama-sama. Manfaatnya pekerjaan berat menjadi ringan, pekerjaan cepat selesai
2.
3.
4.
5.
6. Kebun Binatang Gembira Loka di Yogyakarta adalah salah satu tempat wisata yang banyak digemari. Semua binatang dirawat dengan baik. Diperhatikan kesehatan dan makanannya. Kebun binatang ini juga memudahkan pengunjung untuk melihat secara dekat perilaku binatang tanpa takut diterkam.
7. Merupakan pikiran utama/ide yang mendasari suatu oaragraf
Terima Kasih telah mengklik blog ini
Jika berkenan scan barqode dibawah ini sebagai apresiasi bagi penulis :-)
DOWNLOAD FILE [ KLIK DISINI ]
8.
0 komentar:
Post a Comment