Wednesday 28 February 2018



Nama              : Mey  Leni Nurhasanah
Kelas              : VI (enam)
JUDUL           : Sekilas tentang Candi Borobudur

            Candi Borobudur terletak di Magelang, Jawa Tengah merupakan candi Budha yang  dibangun antara abad ke-8 dan 9. Candi ini terdiri atas 6 teras berbrntuk bujur sangkar yang diatasnya 3 pelataran melingkar. Dindingnya dihiasi 2672 panel relief yang luasnya mencapai 2.500m2. aslinya terdapat 504 arca budha. Stupa utama terbesar terletak di tengah sekaligus memahkotai bangunan ini dikelilingi oleh 3 barisan melingkar 72 stupa berlubang yang didalamnya terdapat arca budha tengah duduk bersila.
            Candi ini berlokasi kurang lebih 100km di baratdaya semarang, 86 km disebelah Barat Surakarta dan 40 Km disebelah Baratlaut Jogjakarta. Candi berbentuk stupa ini didirikan oleh para penganut agama busha mahayana pada masa pememrintahan Wangsa syailendra.
Borobudur adalah candi atau kuil budha terbesar didunia. Sekaligus salah satu monumen budaya terbesar didunia. Awal kontruksi sekitar 770m, selesai = 825m.
            Monumen ini merupakan model alam semesta dan dibangun sebagai tempat suci untuk memuliakan budha sekaliggus berfungsi sebagai tempat ziarah untuk menuntun umat manusia beralih dari alam nafsu duniawi menuju pencerahan sesuai ajaran budha.

           

0 komentar:

Post a Comment