Wednesday 21 October 2015



100_7887Ekstrakulikuler kesenian tari tradisonal adalah salah satu andalan di SDN 2 Margacinta dalam mendulang prestasi. Bagaimana tidak, selama 2 tahun terakhir sejak diadakannya ekstrakulikuler kesenian ini perwakilan dari SDN 2 Margacinta mampu bersaing dengan 20 Sekolah Dasar yang berada di Wilayah Pemerintahan Kecamatan Cijulang.

Tahun pelajaran 2013/2014 Diana Hermayanti menjadi juara 1 dalam acara Apresiasi bahasa, sastra dan seni sunda hingga didaulat menjadi perwakilan Kecamatan Cijulang ke Tingkat Kabupaten. Ditahun berikut tepatnya yahun pelajaran 2014/2015 Diana Hermayanti dan Annisa Fitri Aeni membawa tropi juara 2 masih dalam perlombaan yang sama. Walapun hanya mampu menjadi juara 2, namun Diana Hermayanti didaulat menjadi rekan untuk Menjadi perwakilan ke tingkat Kabupaten.
Ati Sumiati, S.Pd.I berharap tahun pelajaran 2015/2016 ini SDN 2 Margacinta mampu bersaing seperti tahun-tahun sebelumnya. “Saya sih tidak muluk-muluk, jadi juara tingkat Kabupaten saja sudah cukup “gurau Ati”. 

Dirinya tidak main-main dengan ucapannya tersebut. Pada tahun pelajaran ini Ati Sumiati menambahkan beberapa jenis tarian yang nantinya akan diajarkan kepada para siswa. Penambahan materi tentang tari ini didasarkan pada pengalaman sebelumnya. Setiap tahun tema perlombaan tari berubah-rubah sehingga kita juga harus bersiap-siap “tutur Ati”. 

Saya tidak menghilangkan jenis tarian yang dipelajari tahun sebelumnya, malah saya menambahkan beberapa jenis tarian supaya siswa tidak terpaku hanya pada satu tarian saja seperti Jaipong Kreasi Mojang Priangan, Kembang Boled, Kembang Tanjung, Tari Selendang, Tari Sekar Putri, Tari Srikandi Yuda, dan lain-lain. Siswa dibuat menjadi beberapa kelompok, dan setiap kelompok diberi jenis tarian yang berbeda “tambah Ati”.

0 komentar:

Post a Comment