Wednesday 21 October 2015



100_7890Ekstra kesenian khususnya kesenian tari tradisional merupak salah satu ekstrakulikuler yang dilaksankan di SDN 2 Margacinta. Ekstrakulikuler ini dilaksanakan setiap hari Rabu selepas berakhirnya Kegiatan Belajar Mengajar ( KBM ).

Seyogyanya ekstrakulikuler diikuti oleh seluruh siswa, namun untuk ekstrakulikuler yang satu ini Ahdi, S.Pd.,M.Pd beserta Ati Sumiati, S.Pd.I selaku kepala sekolah dan guru pembimbing ekstrakulikuler hanya mewajibkan kepada kelas 6 saja. Namun bagi para siswa dari kelas 1 sampai 5 yang tertarik dan berminat boleh mengikuti ektrakulikuler tersebut.

Ati Sumiati, S.Pd.I menuturkan bahwa dirinya ingin sekali ektrakulikuler ini diwajibkan bagi seluruh siswa, namun terkendala oleh beberapa hal. Seperti para instruktur tari. Untuk saat ini baru saya yang menjadi pengajar ekstrakulikuler kesenian “tutur Ati”.

Ati Sumiati juga menambahkan bahwa dirinya memberdayakan siswa yang sudah senior untuk membantu para junior mereka ketika latihan. Setiap siswa nantinya akan dipandu oleh siswa lain yang sudah mahir atau paling tidak mengetahui mengenai tari-tarian. Saya buat beberapa kelompok kecil, setiap kelompok disertakan pula siswa yang sudah mampu menari. Setiap kelompok nantinya akan diberikan jenis tari yang berbeda”tambah Ati Sumiati”.

Lebih lanjut lagi Ati Sumiati mewajibkan seluruh siswa kelas 6 untuk mengikuti ekstra ini, terlebih lagi beliau yang menjadi wali kelas 6. Setiap siswa belajar tarian yang berbeda. Baik itu tari yang sudah ada maupun kreasi mereka sendiri.

Nantinya Seperti halnya tahun pelajaran sebelumnya, penampilan mereka akan dinilai oleh para guru yang lain yang disaksikan oleh siswa-siswi lain. Dan nantinya hasilnya tersebut akan dimasukan kedalam nilai pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan ( SBK ). Adapun siswa yang mendapat nilai tertinggi akan diberikan hadiah sebagai Awards (Penghargaan) bagi kerja kerasnya selama beberapa bulan berlatih.

Awards (Pengahargaan) ini adalah pembelajaran bagi siswa bahwa tidak akan ada kesuksesan tanpa disertai dengan kerja keras “tambah Ati Sumiati”

0 komentar:

Post a Comment