Sahdi
atau sering dikenal di sosial media dengan
nama Aji Panjalu adalah putera Margacinta kesehariannya beliau aktifis
GDM (Gerakan Desa Membangun). Gerakan untuk membuat suatu Desa menjadi desa
yang mandiri dan maju.
Mengawali
pembicaraannya, beliau mengatakan “disini
ada pariwisata, kalau bukan orang margacinta lalu siapa lagi yang akan
memajukannya?”.
Menurutnya
banyak Desa-desa di Indonesia yang telah dibantu oleh GDM (Gerakan Desa
Membangun), namun jarang sekali Desa yang berani dan siap memplokamirkan
menjadi “Desa Wisata” apalagi di Kabupaten Pangandaran yang baru berdiri
beberapa tahun. Dan itu merupakan keuntungan tersendiri untuk Margacinta ketika
Desa lain belum mengklaim Desa mereka menjadi desa wisata, tetapi Desa
Margacinta sudah. Bahkan bukan hanya konsep tetapi sudah terwujud dalam bentuk
yang nyata.
IT
dan Wisata itu bagaikan gula dan semut. Karena salah satu hal yang dapat
menyamakan suatu daerah dengan daerah lain adalah IT. Mungkin kita masih
tertinggal dalam segi infrastruktur dan sarana, namun dengan IT kita mampu
menyamai objek wisata-wisata lain.
Karena
zaman sekarang sebelum orang berkunjung ke suatu objek wisata, maka mereka
mencari dulu informasi di Google.com. apakah benar ada objek wisata ini? apa
saja yang ada disana? Dan lain sebagainya.
Maka
daripada itu promosi melalui sosial media itu sangatlah penting apalagi kita
baru merintis. Pengelolaan yang baik adalah kunci yang utama suatu daerah
menjadi maju.
Sahdi/
Aji Panjalu menuturkan ada 3 tips sukses melalui social media:
- - Berbagi
- - Obrolan
- - Jaringan
Beliau
menambahkan bahwa suatu wisata ingin maju tidak jauh dari yang namanya
investor. Namun beliau menyarankan untuk saat ini jangan terburu-buru jika ada
investor yang ingin membantu pengembangan Desa Wisata.
Biarkan untuk saat ini Desa Wisata Alam dan
Budaya ini dikelola oleh Desa. Kalau bisa jadikan saja Badan Usaha Mili Desa
(BUMD) tutur Aji”
0 komentar:
Post a Comment