Wednesday 18 March 2015

Semua orang pasti memiliki kreatifitas. Itu adalah sesuatu yang alami  ada pada diri setiap manusia. Namun memang ada orang yang mampu mengeluarkan dan mengembangkannya, bahkan ada yang sampai dewasa belum mampu mengeluarkan dan mengembangkan kreatifitasnya.
            Untuk itu sekolah berperan penting dalam pengembangan kreatifitas para siswanya. Maka disekolah itu ada Mata Pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan (SBK). Dalam mata pelajaran inilah diajarkan berbagai macam seni baik itu karya seni rupa, suara dan lainnya. Dan tidak sedikit yang menuntut kreatifitas siswa.
            Dalam hal ini peran  Seorang Guru pun menjadi sangat penting, karena tidak semua siswa mampu mengeluarkan daya kreatifitasnya secara sendiri. Guru menjadi jembatan bagi siswanya dalam mengembangkan kreatifitasnya. Banyak cara untuk mengembangkan daya kreatifitas diantara adalah Hasta Karya.
Hasta karya adalah sebuah kegiatan yang menghasilkan suatu kreatifitas yang mempunyai nilai fungsi, nilai seni, dan nilai jual, yang bahannya berasal dari sampah organic dan anorganik. Tujuan dari Hasta Karya ini adalah untuk meninjau seberapa jauh kreatifitas yang dimilki para siswa.
Seperti yang dilakukan Siswa Kelas IV SDN 2 Margacinya. Mereka memanfaatkan batok kelapa yang tidak digunakan menjadi karya yang mempunyai nilai fungsi dan nilai jual.  Yakni dengan membuatnya menjadi gayung. Bahan-bahannya pun sangat mudah didapatkan dan tidak perlu banyak modal hanya perlu ketekunan dalam pengerjaannya.
Kegiatan Hasta Karya ini dipandu langsung oleh Wali Kelas IV yaitu Ibu Ati Sumiati, S.Pd.I. Adapun tempat kegiatan Hasta Karya ini dilakukan adalah di halaman belakang sekolah. Sengaja kegiatan dilakukan diluar kelas supaya siswa tidak merasa bosan dan mencari  suasana belajar yang baru.

Kegiatan Hasta Karya ini sangat bermanfaat bagi siswa, karena secara tidak langsung siswa diajarkan menjadi orang yang produktif bukan orang yang konsumtif. Karena orang akan dihargai lebih bila mereka memiliki krativitas yang tinggi. 








0 komentar:

Post a Comment