Wednesday 15 July 2015

Jembatan yang terletak di Dusun Cidawung RT/RW 01/09 Desa Margacinta Kecamatan Cijulang Kabupaten Pangandaran.

Jembatan ini adalah penghubung antara Dusun Margajaya, Pangancraan, dan Cidawung untuk mencapai dusun-dusun lainnya di Desa Margacinta. 

Keberadaan Jembatan Citamiang ini sangat penting, karena jembatan ini adalah satu-satu jalan menuju ke dusun lain di desa Margacinta sekaligus jalan menuju kota Cijulang, parigi dan lainnya.

Andaikan tidak ada jembatan ini, maka warga sekitar harus rela menempuh jalan memutar ke daerah Desa Parakanmanggu yang pastinya membutuhkan jarak dan waktu yang lama.

Jembatan ini masih berdesign klasik, yakni jembatan yang permukaannya masih ditopang dengan balok-balok kayu besar. Untuk sekali perawatan atau pergantian saja memerlukan biaya minimal Rp.1.000.000 untuk pembelian kayu dan lainnya. 

Diharapkan setelah Pangandaran menjadi Daerah otonomi Baru (DOB) dan dengan berubah statusnya Desa Margacinta menjadi Desa Wisata mampu memberikan sedikit pencerahan guna perbaikan jembatan ini.

Masyarakat tidak memerlukan  janji-jani manis, tetapi bukti yang nyata. Dengan diperbaikinya jembatan Citamiang ini semoga roda keuangan masayarakat Desa Margacinta umumnya menjadi lancar.

karena sering sekali terjadi beberapa insiden pada jembatan ini. Sempat pernah ada mobil dengan muatan yang lumayan berat melewati jembatan ini dan terperosok salan satu Rodanya akibat kekuatan balok kayu yang sudah rapuh.

Terlebih lagi jembatan ini dijadikan penghubung para siswa dari Dusun Cibunian untuk bersekolah ke SDN 2 Margacinta. Yang namanya anak-anak pastinya tidak jauh dari bercanda, takutnya ketika mereka bercanda ada siswa yang terjatuh atau mengalami suatu hal yang tidak diinginkan diakibatkan jembatan yang kondisinya rusak.

Apalagi apabila musim hujan tiba, permukaan balok kayu menjadi licin dan berlumut. Sehingga kemungkinan terjadinya kecelakaan semakin besar. Ditambah lagi pembatas jembatan yang terbuat dari besi kini terlihat sudah mulai termakan usia dan keropos.

Semoga rencana pemerintah guna memperbaiki Jembatan Citamiang ini segera terealisasi.

0 komentar:

Post a Comment