Sunday 19 July 2015



Acara halal bil halal Desa Margacinta tahun 2015 ini akan sedikit special. Selain menampilkan kreasi seni dari siswa Sekolah Dasar, namun juga akan kedatangan beberapa anggota dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pangandaran.
Perihal kedatangan anggota DPRD Kabupaten Pangandaran ini dibenarkan oleh H. Edi Supriadi selaku kepala Desa Margacinta.

Drs. Cucu Gumilar, M.Pd selaku Ketua pariwisata Kabupaten Pangandaran juga menambahkan bahwa cara halal bil halal dan kreasi seni Desa Margacinta ini adalah agenda awal dalam sosialisasi Margacinta menjadi “Desa Wisata”.

Cucu Gumilar juga menegaskan bahwa di Margacinta ini memiliki banyak potensi disektor pariwisata. Mulai dari wisata alam sampai dengan budaya.

Wisata alam sudah jelas ada Cijoelang Body Rafting/Cioelang Rafting margacinta dan Wisata Budaya ada Kampung Budaya. Tempat dimana kesenian asli Kabupaten Pangandaran berasal. Yakni kesenian Badud. 

Menurut H. Adwidi selaku ketua pimpinan rombongan badud “rukun sawargi” Badud sendiri kepanjangan dari “ Budaya Asli Daerah Urang Dusun” sehingga disingkat Badud.

Badud hanya ada di Desa Margacinta dan satu-satunya di Dunia. Seperti halnya Wayang Golek yang telah diakui UNESCO Sebagai budaya warisan dunia, maka kami juga ingin BADUD juga bukan menjadi seperti itu “tutur Drs. Cucu Gumilar, M.Pd

0 komentar:

Post a Comment