Monday 20 July 2015

Inilah salah satu penampilan yang nantinya akan menyambut para tamu kehormatan yang dimainkan oleh para siswa SDN 1 dan 2 Margacinta.

Namun tidak usah takut, seperti pada postingan sebelumnya bahwa mereka hanyalah pura-pura saja. Para siswa hanya memerankan seolah-olah mereka sedang kerasukan.

Ada 6 tokoh utama dalam penampilan Badud para siswa. Yakni Karakter Babi (Bagong), harimau (Maung), Monyet/lutung, kakek-kakek, nenenk-nenek dan pawang.

Pawang bertugas memasukan makhluk ghaib pada tubuh siswa yang telah memakai pakaian layaknya heawan. Setelahnya sang pawang memberikan jampi-jampi, maka para siswa seolah-olah akan kesurupan. Ada 3 karakter yang kan kesurupan, yakni Karakter Babi (Bagong), harimau (Maung), Monyet/lutung.

 Kakek dan nenek berperan seperti orang yang bermain-main dengan siswa yang sedang kesurupan. Kadang kala mereka terjatuh, bersenda gurau dan lainnya.  Terkadang pula mereka mendekati para penonton sambil memegangi punggung mereka..

Setelah dirasa sudah cukup lama, maka sang pawang akan menyadarkan mereka yang kesurupan. Setelahnya mereka sadar, maka akan dibawa keluar dari arena oleh kakek dan nenek. Dan terus seperti itu sampai semua siswa yang kesurupan disadarkan.


Begitulah sedikit gambaran pementasan Kesenian badud yang akan dilakukan oleh iswa SDN 1 dan 2 Margacinta di acara Halal bil halal Desa Margacinta tahun 1436 H.

namun yang harus menjadi catatan, bahwa para siswa tidak benar-benar kerasukan. Mereka hanya berpura-pura saja dan seolah-olah sedang kerasukan.

Jika anda ingin menyaksikan secara langsung, maka datang saja ke acara halal bil halal Desa Margacinta tahun 1436 H yang akan diadakan pada hari Selasa 21 Juli 2015/ 5 syawal 1436 H di Lokasi Wisata Kampung Budaya Margacinta

0 komentar:

Post a Comment