Wednesday 22 July 2015



Rabu malam tepatnya 22 Juli 2015 di Lokasi Wisata kampung Budaya diadakanlah kumpulan para pemuda 3 Dusun di Margacinta. Yakni Dusun Cidawung, Pangancraan dan Margajaya. Kegiatan ini terlaksana guna menyikapi mengenai Desa Margacinta yang menjadi Desa Wisata Alam dan Budaya.

Diharapkan para pemuda dapat berperan aktif dalam proses perkembangan Desa Wisata Margacinta. pertemuan para pemuda dihadiri pula oleh Kepala Desa, Kepala Dusun 3 Dusun, ketua karang taruna dan beberapa perangkat Desa.

Dalam kesempatan itu sengaja Kepala Desa selaku penggagas kegiatan pertemuan menghadirkan 3 pemateri yang sudah ahli dibidangnya. Adalah Asep Kartiwa, Narli (Abah Kunay) dan Sahdi (Aji Panjalu).

Asep Kartiwa adalah seorang Guide seniaor yang sudah berkiprah sejak tahun 1989.
Narli (Abah Kunay) adalah salah satu tokoh pendiri objek wisata Santirah yang berada di Selasi yang kini menjadi buah bibir di kabupaten Pangandaran.

Untuk Sahdi/ Aji Panjalu adalah aktifi GDM (Gerakan Desa Membangun) yang sudah banyak sekali membantu desa-desa diluar sana untuk menjadi desa yang mandiri dan juga maju.

Ke tiga pemateri ini akan membagikan pengetahuan dan pengalaman mereka baik dalam segi per-guide-an, pengelolaan wisata maupun cara pemasaran Desa Wisata itu sendiri.

Dalam sambutannya Kepala Desa Margacinta H. Edi Supriadi membeberkan tujuan diadakannya pertemuan para pemuda khususnya 3 dusun. Adapaun tujuan diantaranya:

  • ·         Ingin menyatukan peran generasi muda dalam pengembangan Desa Wisata
  • ·         Memberikan pengetahuan singkat bagaimana cara pengelolaan Desa Wisata
Beliau juga meminta kepada para pemuda untuk ikut berperan aktif dalam segala kegiatan yang diadakan oleh pemerintah desa terutama menjelang hari Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus nanti.

Untuk program yang paling dekat, tepatnya hari Minggu 26 Juli 2015 berlokasi di Kampung Budaya akan diadakan pengajian muslimatan. Dan juga akan ada peliput dari Trans7 yang ingin meliput tentang “Jus Honje” yang kini sedang ramai diperbincangkan khususnya di Kabupaten Pangandaran.

Lebih lagi akan ada lagi menyambut hari Hari Kmerdekaan Republik Indonesia, tepatnya di Cilebok akan diadakan pameran serta diadakan pula lomba Pidato yang bertemakan “Desa Wisata”. 

Namun untuk rencana terseut baru rencana dan akan dibahas pada rapat-rapat  kedepannya

0 komentar:

Post a Comment